Jumat, 12 Oktober 2012

Armada Jaya Tingkatkan Kesiapan di Perairan

Banjarmasin – Unsur komando tugas gabunggan amfibi (Kogasgabfib) melaksanakan pengecekan kesiapan di daerah latihan umum perairan sebelah utara Pulau Sebuku Banjarmasin, Jumat (12/10) sore.

Kogasfib dibawah Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi Laksda TNI Sadiman,S.E yang sehari hari menjabat Pangarmabar melaksanakan tahapan kegiatan latihan umum, uji komunikasi dan naik turun jaring pasukan pendarat  marinir.

Unsur-unsur KRI angkut pasukan jenis LST dan Froch sebagai badan utama Kogasgabfib sejak tiba di daerah perairan latihan umum menempati sektor lego jangkar KRI Teluk Mandar 514, KRI Teluk Ratai 509, KRI Teluk Sampi 515, jenis Froch KRI Celukan Bawang 532 dan KRI Teluk Cendrawasih 533 dan kapal markas KRI Banjarmasin 592.serta kapal bantu KRI Arun 903 melaksanakan bekal ulang bahan bakar.

Dua KRI jenis penyapu ranjau yang lebih dulu berada di daerah latihan umum melaksnakan pembersihan medan ranjau penyapu ranjau KRI Pulau Rengat 711, KRI Pulau Rupat 712 dan jenis parchim KRI Lambung Mangkurat 374 serta Froch KRI Teluk Sibolga 536 .Selanjutnya unsur-unsur tersebut melaksanakan lego jangkar sesuai dengan posisi diagram serbuan di daerah latihan umum.

Sementara unsur tabir yang terdiri dari  delapan unsur  KRI yang bertugas melaksanakan perlindungan terhadap badan utama Kogasgabfib dengan kapal markas komando di KRI Banjarmasin 592.Sedangkan Satuan pelaksana Operasi Udara melaksanakan  intai udara taktis sepanjang route menuju daerah sasaran.

Kekuatan pemukul unsur KRI yang tergabung dalam unsur tabir yang terdiri kapal perang jenis perusak kawal rudal ,fregat, dan sigma kelas serta parchim  telah menempati posisi di sektor penyekatan di daerah latihan umum di sekitar perairan Sebuku, Banjarmasin. Kesiapan siagaan tersebut dilaksanakan dalam rangka menghadapi ancaman udara maupun kapal permukaan. Sementara di daerah sasaran operasi telah ditugaskan Unsur intai kapal selam KRI Nanggala 402 melaksanakan kegiatan pengintaian terhadap unsure-unsur lawan.

Guna meningkatkan kesiapan dan ketahanan fisik prajurit pasukan pendarat marinir dilaksanakan latihan naik-turun jaring di beberapa kapal perang jenis angkut pasukan tipe landing ship tank (LST). Sedangkan untuk latihan pendaratan dilaksnakan reembarkasi atau diluncurkan ranpur tank amfibi dari kapal angkut KRI Teluk Sampit 515. Pengecekan jaring komunikasi antar unsur KRI dilaksanakan pengecekan sesuai dengan jaring komando taktis.

Sebelumnya untuk meningkatkan moril prajurit pasukan pendarat marinir secara serentak dilaksanakan olah raga dalam rangka mempertahankan fisik daya juang yang disiapkan melaksanakan pendaratan amfibi di Sangatta Kalimantan Timur.

Unsur-unsur Kogasfib selama lego jangkar di daerah latihan umum melaksanakan  pertahanan udara dan lawan sabotase bawah air.


Kepala Dispenarmabar
Agus Cahyono
Letkol Laut (KH) NRP. 10881/P


Teks Gbr- KRI Teluk Sampit-515 : KRI Teluk sampit-515 melaksanakan reembarkasi dan embarkasi Tank Amfibi Marinir melalui pintu rampah KRI yang tergabung dalam Kogasgabfib latihan Armada Jaya XXXI/2012 di perairan Sebuku Banjarmasin,  Jumat (12/10) sore ini.
© Poskota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...