Sabtu, 13 Oktober 2012

Sebagian Hibah F-16 Akan Ditempatkan Di Pekanbaru

F16 TNI AU (Ipenk-666)
Bandung - Terkait hibah pesawat tempur F 16 dari Amerika Serikat yang berjumlah 24 unit, nantinya sebagian akan ditempatkan di Pekanbaru, Riau. Pesawat itu pun nantinya akan menjaga pertahanan Indonesia di wilayah Komando Operasi Tentara Nasional Angkatan Udara I (Koopsau I).

“Nantinya, rencananya dari 24 pesawat tempur F 16 akan ada di Pekanbaru juga,” ucap Panglima Komando Operasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara I (Koopsau I) Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito, ditemui seusai memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Sabtu (13/10).

Dijelaskan Bagus, untuk penempatannya tidak akan di Skuadron 12 Pekanbaru. Melainkan dibangun tempat baru.

“Mungkin pada tahun 2014 awal sudah siap. Dan, nantinya pesawat itu bertahap,” jelasnya.

Menurut dia, skuadron untuk pesawat tempur F 16 itu berdiri sendiri. Dan, tidak bergabung dengan skuadron 12 Pekanbaru.

Dijelaskan dia, penempatan F 16 di sana yakni untuk menjaga perbatasan dan pertahanan Indonesia dari ancaman negara asing. Seperti diketahui, wilayah barat Indonesia berbatasan dengan Singapura yang terdekat, dan Malaysia.

Lebih lanjut Bagus mengatakan, penambahan pesawat tempur F 16, dikarenakan perkembangan teknologi, alat sistem utama persenjataan (Alutsista). Selain itu, antisipasi ancaman dari negara asing.

Bagus mengungkapkan, kini belum ada pelanggaran dan ancaman dari negara asing. Namun demikian, pihaknya akan terus berusaha menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
© Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...