Senin, 01 Februari 2016

Sepuluh Anggota OPM Temui Kepala BIN Sutiyoso

Serahkan Diri 10 Eks OPM Diajak Jalan-jalan ke Jakarta, Berwisata dan Ketemu Kepala BIN [detik]

Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso menyatakan 10 anggota Organisasi Papua Merdeka telah menghadap dirinya di Jakarta awal tahun ini. Menurut Sutiyoso, mereka minta bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sutiyoso mengklaim penyerahan diri kesepuluh anggota OPM itu merupakan efek domino dari turun gunungnya Nurdin Ismail alias Din Minimi untuk gencatan senjata. Din Minimi pun kini kooperatif dengan pemerintah Indonesia.

"Memang benar ada sepuluh OPM yang menghadap saya. Perkara Din Minimi itu tersiar juga di sana (Papua) soalnya," kata Sutiyoso ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/2).

Sutiyoso mengatakan mengapresiasi permintaan para anggota OPM itu untuk kembali bergabung ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui cara damai.

"Kalau mau cara soft power ya alhamdulillah, kami terima ke NKRI. Namun kalau tidak mau, ya terpaksa pakai cara hard power," kata Sutiyoso.

Menurut Sutiyoso, selama ini tuntutan dari anggota OPM masih sederhana, yakni meminta untuk dibuatkan rumah rakyat. Program itu, kata dia, sebenarnya sudah dilaksanakan di kawasan Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, yang dikenal sebagai markas OPM.

Selama di Jakarta, sepuluh anggota OPM itu disebut Sutiyoso berwisata ke beberapa daerah seperti Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Safari. ‘Rekreasi’ itu, kata Sutiyoso, untuk memberikan gambaran kepada para anggota OPM mengenai pembangunan di ibu kota.

"Jalan-jalan supaya mengerti pembangunan. Kan seperti itu juga (nanti) di Papua," kata Sutiyoso.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti juga menyambut baik kedatangan 10 anggota OPM ke Jakarta.

Kesepuluh anggota OPM yang datang menemui Sutiyoso adalah Teranus Enumbi (Danton TPN OPM Tingginambut), Yandu Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), Telak Kogoya (anggota TPN OPM Tingginambut), Tendison Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), Paindin Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), Yalingga Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut).

Ada pula Berenggup Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), Kopinggup Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), Lendi Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut), dan Tendron Enumbi (anggota TPN OPM Tingginambut). (agk)

  ★ CNN  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...