Jumat, 03 Februari 2017

[Dunia] Qatar Kirim 150 Pasukan Khusus untuk Lindungi Erdogan

TerungkapQatar mengirim 150 anggota pasukan khusus untuk melindungi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pasca kudeta yang gagal medio Juli tahun lalu. [Ilustrasi/Istimewa]

Sebuah dokumen yang dikaitkan dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Qatar di Ankara mengklaim Doha mengirim pasukan khusus ke Turki. Pasukan khusus tersebut dikirim melindungi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan selama kudeta yang gagal pada 15 Juli tahun lalu atas permintaannya.

Dikutip dari laman Middle East Monitor, Jumat (3/2/2017), dokumen tersebut ditandatangani oleh Duta Besar Qatar di Ankara Salem bin Mubarak Al-Shafi. Dokumen itu mengklaim bahwa Erdogan mengirim surat sehari setelah kudeta yang gagal ke Kedubes Qatar di Ankara.

Diketahui, dalam surat tersebut, Erdogan meminta agar Doha mengirim pasukan khusus untuk melindunginya dan mencegah upaya pembunuhan terhadap dirinya. Pemerintah Qatar pun menyanggupinya dan mengirim 150 anggota pasukan ke bandara militer Ankara menggunakan pesawat pribadi.

Dokumen itu mengklaim bahwa pasukan khusus Qatar secara diam-diam meninggalkan Turki pada 19 Juli atau empat hari setelah usaha kudeta yang gagal.

Kedutaan Qatar menegaskan bahwa pasukan khusus dikirim ke Ankara memainkan peran penting dalam menjaga kehidupan Presiden Erdogan. Kedutaan Qatar juga mencatat bahwa kerja sama ini mendorong hubungan kedua negara. (ian)

  Sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...