Rabu, 03 Oktober 2012

Gladi Kotor HUT Ke-67 TNI

Tiga hari menjelang HUT TNI pasukan TNI dari seluruh kesatuan menggelar latihan gladi kotor upacara perayaan puncak HUT  ke-67  TNI pagi tadi (2/10/2012). Latihan dilakukan di apron base Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Dalam gladi kotor tersebut hanya terlihat 12 ranpur yang dipajang tepat di belakang pasukan upacara. Ranpur-ranpur tersebut rata-rata merupakan milik Korps Marinir. Di luar ranpur Korps Marinir hanya ada dua meriam  Howitzer Caesar milik AD yang dipajang di lapangan upacara.

Tim Aerobatik Dynamic Pegasus yang dipimpin Letkol Pnb Sapuan juga ambil bagian dalam gladi kotor ini. Dengan lima helikopter EC 120 Colibri andalannya mereka unjuk kebolehan dengan berbagai atraksi, diantaranya windmill dan waterfall. Selepas Dynamic Pegasus melakukan latihan aerobatiknya, latihan atraksi dilanjutkan oleh para personil AD yang akan menunjukkan kemampuan individu mereka dalam bela diri, penggunaan senjata, dan kemampuan halang rintang.

Setelah mereka selesai unjuk kebolehan, sekitar 200 personil paskhas TNI AU langsung terlihat melakukan latihan atraksi terjun payung dari pesawat Hercules. Saat latihan terjun payung berlangsung para peserta gladi kotor terlihat agak tegang mengingat pada latihan terjun payung kemarin terdapat empat anggota yang mengalami kecelakaan. Namun pada gladi kotor pagi tadi seluruh anggota Paskhas mendarat dengan sempurna.

Gladi kotor kemudian dilanjutkan dengan atraksi 6 pesawat KT-1B Wong Bee dari Jupiter Aerobatic Team yang kemudian diikuti dengan flypass 6 Bell 412 dari Penerbad dan Penerbal, tiga Helikopter MI-35, satu Super Tucano, dan diakhiri dengan flypass 10 pesawat Hercules TNI AU. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan KSAU Marsekal Imam Sufaat terlihat hadir dalam gladi kotor tersebut. Upacara HUT TNI ke-67 akan digelar hari Jumat mendatang di Bandara Halim Perdana Kusuma pukul 08.00 WIB pagi.

Menjelang peringatan HUT TNI ke 67, berbagai persiapan telah dilakukan. Upacara HUT TNI ke 67 sendiri akan dilaksanakan di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusumah Jakarta. Dalam Gladi Kotor, selasa 2 oktober, terlihat HUT TNI nantinya akan berlangsung sederhana.

Alutsista yang tampil sebagai background antara lain Meriam Caesar 155mm, Tank Amfibi BMP-3F, Peluncur Roket RM-70 Grad serta LTVP-7. Selain itu, seperti biasanya akan ditampilkan berbagai atraksi. Diantaranya Senam Balok, Bela Diri militer serta Kolone Senapan. Di udara, atraksi dilakukan oleh Tim Aerobatik Pegasus dengan Heli EC-120B serta The Jupiter. serta tidak ketinggalan atraksi terjun payung. Atraksi kemudian ditutup dengan Fly pass helikopter TNI-AD dari jenis Mi-17, Mi-35 serta Nbell-412. Lalu menyusul 4 buah Nbell-412 TNI AL serta sebuah Super Tucano.
© ARC

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...