Kamis, 13 Februari 2014

Komandan Kontingen Garuda TNI Patroli Udara di Lebanon

patroli-subLEBANON Untuk memantau area operasi yang menjadi tanggung jawab satgas Kontingen Garuda pada misi perdamaian di Lebanon, Komandan Kontingen Garuda TNI Kolonel Inf Adipati Karnawijaya didampingi Komandan Satgas Indo FPC (Indonesia Force Protection Company) Mayor Inf Aulia Dwi Nasrullah, Komandan Satgas CIMIC (Civil Military Co-Operations) Mayor Arm Syamsul Bahri serta Komandan Satgas MCOU (Military Community Outreach) Mayor Arm Ezra, beberapa waktu lalu melaksanakan Patroli Udara di wilayah operasi UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) Lebanon Selatan.

Kegiatan Patroli Udara / Air Patrol Recce yang dilaksanakan Satgas yang tergabung dalam misi perdamaian Unifil ini, merupakan implementasi Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1701, tahun 2006. Resolusi ini kemudian diimplementasikan oleh pasukan-pasukan di bawah bendera Unifil dalam bentuk patroli, baik dengan berjalan kaki, berkendaraan darat maupun patroli udara serta penempatan Pos Pengamatan Statis (Static Observation Post), di area operasi masing-masing, termasuk yang dilaksanakan Kontingen Indonesia saat ini.

Sesaat sebelum Heli take off dari Ital Air Base Naqoura Extension Camp yang letaknya tidak terlampau jauh dengan Sudirman Camp (Mako Satgas Indo FPC), seluruh penumpang menerima brief and basic safety tentang keselamatan selama penerbangan dan sekaligus menerima penjelasan tentang rute paroli yang akan di tempuh selama melaksanakan Air Patrol Recce. Selanjutnya Heli Bell dengan nomor ekor 282 lepas landas dari runway, Naqoura Extension Camp.

Rute yang dijadikan sasaran patroli ialah memantau seluruh batas sektor AOR (Area Of Responsbility) UNIFIL, selanjutnya menuju ke titik hostpot yang selama ini sering kali terjadi ketegangan antara IDF (Israel Defence Force) dan LAF (Lebanese Armed Force) yaitu garis batas yang selama ini dikenal dengan istilah Blue Line In Panorama Point.

Pelaksanaan Patroli Udara ini berlangsung kurang lebih 2 jam, hingga akhirnya patroli selesai dan proses VTOL (Vertical Take – Off and Landing ) di LZ (Landing Zone) Ital Air Base – Naqura Extension Camp berjalan dengan aman.(puspen TNI/sir)

  ♞ Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...