Selasa, 22 Maret 2016

{RIP] Dua Ledakan Di Brussels

Ledakan Guncang Bandara Brussels, Para Penumpang LariLedakan guncang Bandara Brussels, Belgia. | (Daily Mail)

Dua ledakan terjadi di ruang keberangkatan Bandara Brussels, Belgia, pada Selasa (22/3/216) pagi. Beberapa orang terluka dan banyak penumpang lari menjauh dari lokasi ledakan.

Ledakan terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels. Serangan teror di Paris pada November 2015 lalu menewaskan sekitar 130 orang.

Polisi Belgia telah bersiaga untuk mengantisipasi setiap aksi balasan. Beberapa foto di media sosial menunjukkan asap mengepul dari aula keberangkatan di Bandara Brussels. Banyak jendela hancur akibat ledakan.

Para penumpang juga terlihat melarikan diri menjauh dari bandara.

Wartawan stasiun televisi Sky News, Alex Rossi, yang ada di lokasi kejadian, mengaku mendenger ledakan hebat.”Dua ledakan sangat, sangat keras,” katanya.

”Saya bisa merasakan bangunan bergerak. Ada juga debu dan asap. Saya pergi menuju tempat ledakan itu berasal dan ada orang-orang keluar tampak sangat bingung dan terkejut,” ujarnya, seperti dikutip Reuters.

”Pikiran (orang-orang) di sini adalah bahwa itu adalah semacam serangan teroris, yang belum diverifikasi oleh otoritas di bandara sini,” imbuh dia.

Hingga kini, belum diketahui penyebab ledakan hebat itu. (mas)
Kronologi Serangan Teror Dahsyat di BrusselsLedakan hebat guncang Bandara Brussels, Belgia. (Twitter)

Bandara Brussels, Belgia digucang dua ledakan. Laporan media lokal menyebut belasan orang tewas dan puluhan terluka. Tak hanya bandara, stasiun metro Brussels juga jadi target serangan teror.

Serangan ini berselang beberapa hari setelah tersangka serangan teror Paris, Salah Abdeslam ditangkap bersama lima komplotannya. Secara detail, berikut kronologi rentetan teror di Brussels.

Pukul 07.31

-Dua ledakan dahyat mengguncang aula keberangkatan di Bandara Brussels, Belgia.
-Laporan awal menunjukkan alat peledak meledak di dekat meja check- in maskapai American Airlines.
-Ratusan penumpang melarikan diri bandara, asap mengepul.
-Bandara dalam status “dikunci”, semua penerbangan dibatalkan.

Pukul 07.36

-Beberapa orang terluka setelah ledakan di aula keberangkatan Bandara Brussels.
-Laporan media Belgia menyebut beberapa orang terluka akibat ledakan.
-Penyebab ledakan belum jelas.
-Arus lalu lintas menuju bandara dihentikan.

Pukul 07.42

-Banyak gambar mengejutkan beredar menunjukkan kerusakan di Bandara Brussels setelah ledakan.
-Gambar lain di media sosial menunjukkan jendela hancur dan asap mengepul dari sebuah bangunan bandara.
-Video rekaman menunjukkan ada tembakan dari tempat parkir bandara, di mana puluhan orang melarikan diri karena ketakutan.

Pukul 07.48

-Laporan media lokal menyebut, 11 orang tewas dan 20 lainnya terluka akibat ledakan.
-Kepolisian Federal Belgia belum mengkonfirmasi jumlah korban tewas.
-Bandara Brussels mendesak masyarakat untuk tidak datang ke bandara.
-Semua penerbangan dan kereta api dan perjalanan ke bandara telah ditangguhkan.

Pukul 08.13

-Tembakan terus terdengar.
-Ada terikan orang-orang dalam bahasa Prancis dan Arab.
-Para penumpang terkena pecahan kaca dan langit-langit bangunan.

Pukul 08.24

-Ledakan juga terdengar di stasiun metro Brussels
-Ledakan berselang beberapa menit seetelah ledakan di Bandara Brussels.

Pukul 08.36

-Pemerintah Inggris telah melakukan kontak dengan Brussels.
-Ada laporan warga Inggris terlibat dalam teror di Brussels tapi belum ada respons dari pemerintah Inggris.
-Kementerian Luar Negeri Inggris bekerja sama dengan otoritas Brussels untuk mengungkap dugaan warga Inggris terlibat teror.

Pukul 08.39

-Perdana Menteri Inggris, David Cameron terkejut dengan teror di Brussels.
-Via Twitter, Cameron sampaikan keprihatinan atas serangan di Brussels.
-Inggris siap membantu Belgia mengatasi serangan teror.

Keterangan: Waktu berdasarkan waktu Brussels.
11 Orang Dilaporkan Tewas Dalam Ledakan Bandara BrusselsAsap mengepul di Bandara Brussels, (Reuters)

Sebelas orang, berdasarkan laporan media Belgia dikabarkan tewas dalam ledakan yang terjadi di ruang keberangkatan Bandara Brussels, Belgia. Ledakan itu terjadi di ruang keberangkatan American Alrlines.

"Setidaknya 11 orang tewas dan 20 orang lainnya menderita luka-luka," bunyi laporan media Belgia, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (22/3).

Sementara itu, pihak kepolisian Belgia mengkonfirmasi bahwa memang benar ada ledakan di Bandara Brussels. Namun, pihak kepolsian enggan memberincian rincian lebih jauh mengenai insiden tersebut.

"Ada ledakan, tapi kita tidak bisa mengatakan lebih. Ini adalah sebuah ledakan di aula besar di bandara," kata juru bicara kepolisian Belgia, tanpa menyebut apakah ada korban dalam insiden ini.

Seperti dilaporkan sebelumnya, dua ledakan menghantam ruang keberangkatan Bandara Brussels. Ledakan terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels. (esn)
Ledakan Kedua Hantam BrusselsLedakan kedua ini menargetkan stasiun metro Maelbeek. (Reuters)

Ledakan kedua menghantam ibukota Belgia, Brussels tidak lama setelah terjadinya ledakan di ruang keberangkatan Bandara Brussels. Ledakan kedua ini menargetkan stasiun metro Maelbeek.

Berdasarkan laporan kantor berita Belgia, RTBF, ledakan itu terdengar tidak jauh dari kantor Uni Eropa (UE) yang berada di pusat kota Brussels. "Sebuah ledakan terdengar di stasiun Maelbeek, di Brussels, dekat dengan UE," kata RTBF.

Operator Metro STIB mengumumkan di Twitter mereka, bahwa mereka telah menutup seluruh stasiun Metro di Belgia, seperti dilansir Reuters pada Selasa (22/3).

Diberitakan sebelumnya, dua ledakan menghantam ruang keberangkatan Bandara Brussels. Sebelas orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut. sementara itu, 20 orang lainnya menderita luka-luka.

Pihak kepolisian Belgia sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi mengenai insiden tersebut. Ledakan ini sendiri terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels. (esn)
Polisi Belgia Pastikan 1 Orang TewasSeorang penumpang menjadi korban ledakan Bandara Brussels (Telegraph)

Pihak kepolisian Belgia telah mengkonfirmasi bahwa setidaknya satu orang tewas dalam peristiwa ledakan di Bandara Brussels pada Selasa (22/3/2016) pagi.

"Satu orang meninggal dan kemmungkinan ada beberapa lagi," kata seorang pejabat polisi seperti disitir The Guardian dari AP.

Dua ledakan terjadi di ruang keberangkatan Bandara Brussels. Akibat ledakan tersebut, diketahui beberapa orang terluka dan banyak penumpang lari menjauh dari lokasi ledakan.

Ledakan terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels. Serangan teror di Paris pada November 2015 lalu menewaskan sekitar 130 orang.

Pihak bandara udara Brussels membatalkan sejumlah penerbangan dan mengevakuasi penumpang dari area bandara. "Jangan datang ke bandara. Bandara sedang dievakuasi. Hindari area bandara. Penerbangan telah dibatalkan," bunyi peringatan pihak bandara Brussels. (ian)
Tidak Ada WNI Jadi Korban Ledakan BrusselsKementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, sejauh ini tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam ledakan di Brussels, Belgia. (Reuters)

Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, sejauh ini tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam ledakan di Brussels, Belgia. Namun, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Brussels masih terus mencari informasi terkait insiden tersebut.

"Hingga kini tidak ada WNI yang menjadi korban peristiwa tersebut. KBRI Brussels akan terus melakukan penelusuran dan mengamati perkembangannya. Sebagai informasi tambahan, berdasarkan data Kemlu terdapat sekitar 1.630 WNI di Brussels dan Luxemburg," bunyi siaran pers Kemlu yang diterima SIndonews pada Selasa (22/3).

Lokasi ledakan kedua yang menghantam stasiun metro Maelbeek diketahui berlokasi tidak jauh dari KBRI Brussels. Menurut siaran pers Kemlu, stasiun metro Maelbeek hanya berjarak enam kilometer dari KBRI.

Seperti dilaporkan sebelumnya, dua ledakan menghantam ruang keberangkatan Bandara Brussels. Ledakan terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels.

Sejumlah saksi mata menyebutkan, ledakan terjadi di dekat konter American Airlines di departure hall. Saksi juga menyebut, beberapa saat sebelum kejadian, sempat terdengar letupan senjata api dan sejumlah teriakan dalam bahasa Arab. Otoritas bandara telah mengamankan lokasi dan mendirikan crisis center. (esn)
"Ledakan di Brussels, Serangan terhadap Eropa yang Demokratis"Ledakan hebat guncang Bandara Zaventem, Brussels, Belgia. (Twitter)

Sejumlah pemimpin Eropa mengutuk ledakan di Bandara Zaventem dan stasiun metro Malbeek, Brussels, Belgia, hari ini (22/3/2016). Ledakan di Belgia dinilai sebagai serangan terhadap Eropa yang demokratis.

Ledakan berselang beberapa hari setelah penangkapan tersangka serangan teror Paris, Salah Abdeslam di Molenbeek, Brussels, Jumat pekan lalu.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, mengaku kaget dengan serangan di Brussels.”Terkejut dan prihatin dengan peristiwa di Brussels. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu,” katanya.

“Ledakan di Brussels, serangan terhadap Eropa yang demokratis,” imbuh Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven.

”Ini adalah serangan terhadap Eropa yang demokratis. Kami tidak akan pernah menerima bahwa teroris menyerang masyarakat kami secara terbuka,” lanjut dia kepada kantor berita TT dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen, juga mengecam ledakan di Brussels.” Itu serangan keji,” tulis dia di Twitter.

Informasi awal dari media lokal di Brusels menyatakan, jumlah korban tewas dalam ledakan di Bandara Zaventem sebanyak 13 orang. Kemudian korban tewas dalam serangan di stasiun metro Malbeek, 10 orang. Korban luka dari dua lokasi lebih dari 30 orang. (mas)
Indonesia Kecam Serangan Bom BrusselsPemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri melemparkan kecaman keras atas serangan bom yang menghantam ibukota Belgia, Brussels. (Reuters)

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri melemparkan kecaman keras atas serangan bom yang menghantam ibukota Belgia, Brussels. Belasan orang dikabarkan tewas dalam serangan tersebut.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan simpati dan duka cita yang mendalam kepada rakyat dan pemerintah Belgia, khususnya kepada korban dan keluarga korban," kata Kemlu dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Selasa (22/3).

Kemlu, berdasarkan informasi dari Keduataan Besar Indonesia (KBRI) di Brussels kembali mengatakan bahwa tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam serangan tersebut. Meski demikikan, KBRI Brussels terus berkoordinasi dengan otoritas keamanan dan rumah sakit di Brussel untuk memperoleh informasi lebih jauh mengenai kemungkinan WNI yang menjadi korban.

"KBRI Brussels juga terus berkomunikasi dengan berbagai komunitas Indonesia di Belgia dan menghimbau WNI di Belgia untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari wilayah-wilayah yang dapat menjadi target," sambungnya.

"Indonesia kembali menegaskan bahwa aksi terorisme atau kekerasan dalam bentuk dan untuk alasan apapun tidak dapat ditoleransi. Pemerintah Indonesia mengajak komunitas internasional untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi radikalisme dan melawan terorisme," imbuhnya.

Sementara itu, bagi WNI yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi hotline KBRI Brussel di nomor :+32 478957214 atau +32 478405728. (esn)
Serangan Brussels Tanda Dunia Harus BersatuPerdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menuturkan, rangkaian serangan bom di Brussels adalah tanda, dan pengingat bahwa semua negara harus menyingkirkan ego, dan bekerjasama untuk memerangi terorisme. (Istimewa)

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menuturkan, rangkaian serangan bom di Brussels adalah tanda, dan pengingat bahwa semua negara harus menyingkirkan ego, dan bekerjasama untuk memerangi terorisme.

"Kami sangat mengutuk kejahatan barbar terhadap warga sipil ini. Insiden ini sekali lagi menggarisbawahi perlunya upaya terkoordinasi oleh masyarakat internasional dalam memerangi ancaman terorisme," kata Medvedev, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (22/3).

Di kesempatan yang sama dirinya juga turut mengutarakan ucapan duka cita kepada Perdana Menteri Belgia Charles Michel. Dirinya mengatakan turut berbelasungkawa kepada pemerintah dan masyakat Belgia, khususnya kepada keluarga korban serangan tersebut.

Seperti dilaporkan sebelumnya, dua ledakan menghantam ruang keberangkatan Bandara Brussels, dan juga di stasiun metro Malbeek. Ledakan terjadi empat hari setelah penangkapan tersangka pelaku serangan teror Paris di Brussels.

Informasi awal dari media lokal di Brusels menyatakan, jumlah korban tewas dalam ledakan di Bandara Zaventem sebanyak 13 orang. Kemudian korban tewas dalam serangan di stasiun metro Malbeek, 10 orang. Korban luka dari dua lokasi lebih dari 30 orang. (esn)
Damaskus Sebut Ledakan Brussels Dampak dari Kebijakan UEAsal mengepul dari bandara Brussels/Suriah nilai serangan Brussels dampak dari kebijakan yang salah dari UE. (Reuters)

Pemerintah Suriah menyebut ledakan yang berlangsung di Brussels adalah dampak dari kebiajakan anti-terorisme yang salah diterapkan oleh Uni Eropa (UE). Setidaknya tiga ledakan menghantam Ibukota Belgia tersebut hari ini.

"Serangan di Brussels merupakan konsekuensi dari kebijakan beberapa negara yang menggambarkan kelompok-kelompok teroris sebagai moderat," kata seorang sumber di Kementerian Pertahanan Suriah yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reueters pada Selasa (22/3).

Sumber itu juga menuturkan, serangan ini merupakan pengingat kepada dunia internasional untuk menyatukan kekuatan untuk melawan semua kelompok terorisme, tanpa terkecuali.

"Suriah, yang telah dihadapkan terorisme selama lima tahun memperbaharui seruannya untuk menggabungkan semua upaya internasional yang tulus untuk menghadapi bahaya terorisme," sambungnya.

Informasi awal dari media lokal di Brusels menyatakan, jumlah korban tewas dalam ledakan di Bandara Zaventem sebanyak 13 orang. Kemudian korban tewas dalam serangan di stasiun metro Malbeek, 10 orang. Korban luka dari dua lokasi lebih dari 30 orang. (esn)
PM Belgia Sebut Ledakan Brussels Aksi Bom Bunuh DiriSituasi di stasiun metro Brussels pasca ledakan (Express)

Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengatakan, ledakan kembar di bandara dan sebuah ledakan lain di stasiun kereta bawah tanah Brussels adalah aksi yang dilakukan oleh kelompok teroris.

Dalam konferensi pers yang disiarkan televisi setempat, Michel menegaskan jika serangan di bandara dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri, seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (22/3/2016).

Michel juga mengatakan, pihaknya telah memperkuat keamanan dengan mengerahkan personel militer. Ia juga menyerukan masyarakat untuk tenang dan menunjukann aksi solidaritas pasca serangan ledakan yang disebutnya sebagai momen tragis.

Sebelumnya, Jaksa Federal Belgia juga mengatakan, ledakan mematikan di bandara Brussels dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri, seperti dilaporkan oleh dua media lokal disitat dari Reuters.

Dua ledakan dahsyat terjadi di bandara Brussels pada Selasa pagi, yang disusul kemudian sebuah ledakan di stasiun kereta bawah tanah. Sejauh ini, pihak kepolisian baru mengkonfirmasi 1 orang tewas dalam kejadian tersebut. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas kejadian ini. (ian)
Putin Sebut Ledakan Brussels Kejahatan BarbarPresiden Rusia, Vladimir Putin, mengecam ledakan di Brussels, Belgia (Istimewa)

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengutuk keras ledakan di Brussels dan meyakinkan orang-orang Belgia akan sikap solidaritas Rusia kepada negara itu dalam menghadapi masa-masa sulit, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

"Presiden Putin telah mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Raja Philippe dari Belgia sehubungan dengan tewasnya sejumlah warga sipil dalam serangkaian ledakan di Brussels," kata Peskov kepada wartawan seperti disitir dari Sputniknews, Selasa (22/3/2016).

"Presiden sangat mengutuk kejahatan barbar, menyatakan belasungkawa kepada orang-orang Belgia dan meyakinkan orang-orang Belgia sikap solidaritas Rusia terhadap Belgia pada masa-masa sulit," tambah Peskov.

Dikatakan Peskov, Presiden Rusia yakin bahwa orang-orang di balik serangkaian ledakan mematikan di Brussels akan dibawa ke pengadilan.

"Presiden Rusia menyatakan keyakinannya bahwa para pembunuh dan kaki mereka akan dihukum, dan disampaikan simpati kepada keluarga dan teman-teman korban, serta keinginan pemulihan cepat ke semua orang yang terluka," tukas Peskov.

Dua buah ledakan terjadi di bandara udara Brussels dan membuat sejumlah orang berlari. Selang beberapa saat kemudian, sebuah ledakan juga terjadi di stasiun Metro di ibukota Belgia itu. Belum ada keterangan resmi mengenai jumlah korban akibat gelombang ledakan yang terjadi.(ian)

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...