Kamis, 03 April 2014

[MNEK 2014] Kasal Tutup Latma Multilateral Komodo di Anambas

Anambas  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio menutup latihan dengan nama sandi  Latma multilateral Komodo 2014 di lapangan bola Tarempa kabupaten Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau, Kamis (3/4).

Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio mengatakan latihan bersama dengan sandi Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 yang kita laksanakan saat ini mengambil tema “cooperation for stability” dengan menitik beratkan materi latihan pada aspek non warfighting dan fokus latihan pada disaster relief.

Lebih lanjut Kasal mengatakan tujuan dan sasaran pelaksanaan Latma Multilateral  Komodo 2014 mempunyai dimensi kepentingan nasional, regional dan internasional antara lain meningkatkan hubungan antar negara-negara Asean pada khususnya dan negara non Asean pada umumnya serta meningkatkan stabilitas keamanan maritim kawasan.

Selain itu meningkatkan kemampuan (capacity building) tim penanggulangan bencana Indonesia terutama TNI Angkatan Laut, dalam konteks operasi secara multilateral.


Lebih lanjut dapat memberikan rekomendasi dan masukan strategis bagi kerja sama asean regional forum (arf) dalam penanggulangan bencana di wilayah regional dan memfasilitasi keselarasan berbagai protokol nasional, regional dan internasional dalam penanggulangan bencana.

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial internasional dan kerja sama prajurit TNI Angkatan Laut dengan negara Asean dan Asean plus.

Kegiatan latma Multilateral Komodo 2014 telah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan telah kita laksanakan bersama  baik di batam pada saat harbor phase 29 – 30 maret 2014 maupun sea phase dan civic mission di Anambas dan Natuna.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada saat harbor phase meliputi table top exercise (ttx), command post exercise (cpx) meliputi presail brief dan tactical floor game (tfg). Pada saat yang sama, dalam rangka mempererat persahabatan dan persaudaraan antar angkatan laut, dilaksanakan kegiatan pendamping/maritime hospitality berupa kegiatan sport, triathlon, fun bike, panggung prajurit, battle chefs dan maritime festival.

Sedangkan pada tahap sea phase atau field training exercise (ftx) tanggal 31 maret – 1 april 2014 di wilayah perairan yurisdiksi Indonesia kepulauan Anambas dan Natuna, termasuk di 1 lokasi platform anoa telah dilaksanakan berbagai serial latihan oleh kapal-kapal dan personel negara peserta.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan pada tahapan terakhir berupa civic mission. telah dilaksanakan kegiatan engineering civic action project (encap) dan medical civic action project (medcap) yang diselenggarakan di daerah Jemaja, Tarempa dan Sebang Mawang.

Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio menyampaikan semua tahapan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu atas nama negara, pemimpin TNI dan TNI Angkatan Laut saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta latihan khususnya saudara-saudara kita peserta dari negara-negara sahabat atas segala partisipasinya dalam latihan bersama ini.

Selain itu menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada pejabat pemerintah daerah kota Batam, kepulauan Anambas, kepulauan Natuna, aparat tni/polri, dan seluruh masyarakat serta pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan secara moril maupun materiil sehingga latihan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Dalam acara penutupan tersebut ditandatangani prasasti Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ENCAP dan MEDCAP Anambas oleh Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio dan Prasasti kedua Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ENCAP dan MEDCAP Anambas yang ditanda tangani oleh perwakilan dari Angkatan Laut Singapura, India, Korea Selatan, Thailand, USA dan Bupati kepulauan Anambas Drs T Mokhtaruddin di Tarempa.

Kegiatan rangkaian penutupan latma Multilateral Komodo 2014 yang digelar di Natuna secara bersamaan ditutup oleh Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto,S.E dan di Pulau Jemaja ditutup oleh Komandan Guskamlaarmabar Laksma TNI Harjo Susmoro, S.Sos.,M.H.,

Dalam kegiatan penutupan tersebut dihadiri Bupati Anambas Drs T Mukhtaruddin dan pejabat Muspida Kabupaten Kepulauan Anambas. Selain itu dihadiri perwakilan delegasi yang mengikuti upacara penutupan Latma Multilateral Komodo 2014 di kepulauan Anambas antara lain perwakilan angkatan laut Singapura dari RSS Resolusion, India INS Sukanya, Philipina BRP Greorio del Pilar, Thailand HTMS Narathwat dan Brunai darussalam KDB Darulehsan.(dispenarmabar/sir)

Teks Gbr- Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio didampingi Bupati Kepulauan Anambas Drs.T Mukhtaruddin dan perwakilan 5 negara peserta menutup latma Multilateral Komodo 2014 di lapangan Tarempa.

  ★ Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...