Sabtu, 05 April 2014

Titik Jenuh Kerjasama Dengan Cina

Kesepakatan Belum Tercapai http://militer.co.id/wp-content/uploads/2013/01/china_made_c-705_anti-ship_missile.jpgAll hands,
Dalam tiga tahun terakhir, tidak ada kemajuan berarti dalam kerjasama pertahanan antara Jakarta dan Beijing. Cina tak mengajukan proposal kerjasama pertahanan baru, sementara proposal lama yang telah disepakati hingga kini kemajuannya tersendat. Misalnya soal produksi rudal C-705 di Indonesia yang sampai sekarang belum mencapai kata sepakat karena terdapat sejumlah hal teknis yang mengganjal. Dalam kunjungan Menteri Pertahanan Cina ke Jakarta pada Desember 2013, tidak dicapai kesepakatan baru tentang kerjasama pertahanan kedua negara.

Sementara itu, Indonesia kian terusik dengan tingkah laku Cina di Laut Cina Selatan. Termasuk pula kecongkakan Cina di Laut Natuna dan ZEE Indonesia di Laut Cina Selatan. Sikap Jakarta untuk merespon hal demikian adalah mulai meningkatkan kehadiran militer di wilayah Natuna, khususnya kekuatan laut dan udara. Bahkan Angkatan Udara Indonesia berencana menempatkan pesawat tempur secara permanen di wilayah paling utara Indonesia tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah kini adalah masa titik jenuh kerjasama pertahanan Indonesia-Cina?

  Damn The Torpedo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...