Sabtu, 23 Juli 2016

Ratusan Karya Terbaik Anak Bangsa Akan Dipamerkan

Pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Simulator N219 [detik]

Dua dari ratusan karya terbaik anak bangsa, yakni kendaraan perintis lapis baja (buatan PT Pindad) dan simulator pesawat N219 (buatan PTDI) siap ditampilkan dalam pameran terbuka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Solo, 7-10 Agustus. Acara itu menurut rencana dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri. Acara ini juga mengagendakan sidang tahunan ilmuwan dan para ahli, ritech expo, malam penghargaan inovasi nasional, dan kegiatan lainnya.

Ketua Harian Panitia Nasional Hakteknas, Ophirtus Sumule, dalam jumpa pers di ruang rapat Wali Kota Surakarta menerangkan, Presiden bersama sejumlah menteri dijadwalkan hadir pada acara puncak 10 Agustus di halaman parkir kompleks Stadion Manahan.

Pada kesempatan itu Presiden akan memberikan pengarahan kepada jajaran kementerian, para ahli, ilmuwan dan lainnya serta ribuan mahasiswa tentang pembangunan teknologi masa datang. ”Presiden dijadwalkan naik simulator pesawat N219 menyaksikan tes landing gear (roda pendarat) dan swing (sayap). Bila pengecekan terakhir ini sukses dan dilolosakan Lapan, bisa dipastikan Indonesia bisa memproduksi pesawat terbaru ini,” katanya didampingi Agus Puji Prasetyono, staf ahli Kemen Ristek Dikti, Kepala Balitbang Jateng, Tegoeh Wynarno Haroeno, serta Plt Sekda Surkarta, Rakhmat Sutomo, Kamis (21/7).

 Pameran 

Ophirtus menambahkan, masyarakat bisa menyaksikan hasil inovasi putra terbaik Indonesia, yakni kendaraan taktis lapis baja di jalanan Kota Bengawan. Dijadwalkan pada pelaksanaan CFD 7 Agustus, kendaraan taktis panser Anoa/Komodo, dan panser Amphibi akan keluar diikuti rombongan robot. ”Panitia juga mengerahkan motor bersahabat,” imbuh Direktur Sistem Inovasi Kemen Ristek Dikti ini. Staf ahli Kemen Ristek Dikti, Agus Puji Prasetyono menceritakan sejarah Hakteknas.

Menurutnya, Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia, yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. ”Lewat pameran di Hakteknas nantinya masyarakat Solo akan menyaksikan karya pemuda pemudi terbaik Indonesia agar bisa membangkitkan rasa nasionalisme,” terangnya.

Kepala Balitbang Jateng, Tegoeh Wynarno Haroeno dan Plt Sekda, serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Surakrata, Rakhmat Sutomo mendukung penuh acara tersebut. ”Balitbang Jateng juga akan memeriahkan dengan menampilkan 137 kreasi dan inovasi dari warga Jateng,” kata Tegoeh.

Adapun Rakhmat Sutomo menyatakan, Pemkot Surakarta akan memfasilitasi kegiatan Hakteknas dengan meliburkan aktivitas sunday market di kompleks Stasion Manahan. ”Stadion Manahan steril selama Hakteknas. CFD Jalan Slamet Riyadi juga digunakan untuk aktivitas pameran, dan warga Solo memakluminya,” kata Rakhmat. (J5-26)

  suara merdeka  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...