Selasa, 04 Juni 2013

Menantikan Kedatangan Pesawat Presiden SBY yang Terbaru dari Boeing

http://images.detik.com/content/2013/06/04/1036/130833_bbjinside.jpgJakarta - Dalam beberapa bulan lagi, Indonesia segera kedatangan pesawat kepresidenan. Pesawat kepresidenan jenis Boeing Business Jet (BBJ) II ini siap dipakai oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mulai Agustus 2013 nanti.

Media Relations Boeing Commercial Airplanes AS Doug Alder ketika dikonfirmasi menyampaikan, pemerintah Indonesia dipastikan telah memesan jenis Boeing Business Jet II.

"Ya, saya bisa pastikan pemerintah Indonesia sudah melakukan order khusus untuk Boeing Business Jet," ungkap Doug kepada detikFinance, Selasa (4/6/2013).

Namun, Doug menegaskan, Boeing tidak pernah memproduksi pesawat khusus kepresidenan. Boeing memberikan kebebasan bagi pembelinya untuk menggunakan pesawat jet tersebut, termasuk jika digunakan untuk seorang Presiden.

"Kami tidak memberikan spesifikasi khusus (pesawat kepresidenan). Kita bebaskan kepada customer-nya," jelas Doug.

Sebelumnya, pemerintah memastikan Agustus 2013 nanti pesawat Boeing tersebut bisa digunakan SBY. Pesawat ini dibeli pemerintah sebagai upaya efisiensi. SBY pernah menjelaskan, keinginan penggunaan pesawat Kepresidenan ini sudah lama. Pertimbangannya bila menyewa pesawat Garuda, ongkosnya mahal. Belum lagi penyewaan itu bisa mengganggu jadwal Garuda.

"Untuk kepentingan efisien, jangka menengah dan panjang, agar digunakan setiap saat tanpa ganggu jadwal Garuda, maka adakan pesawat sendiri," kata SBY awal tahun 2012 lalu.

Pihak Garuda Indonesia sendiri menjelaskan, Presiden SBY menyewa pesawat jenis 787-800 NG untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk jarak jauh atau internasional menggunakan pesawat pabrikan Airbus jenis A330.

"Nah untuk yang nanti Boeing Business Jet II itu tergantung pemerintah apakah mau menyerahkan ke Garuda Indonesia untuk operasionalnya atau memang ingin mengelola sendiri," jelas sumber di Garuda Indonesia dalam sambungan teleponnya.(dru/dnl)

  detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...