Tu 160 Blackjack ☆
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan baru-baru ini bahwa Rusia akan memulai produksi Tu-160, pembom era Soviet yang dikenal sebagai “Blackjack.” Tu-160 adalah sebuah platform nuklir, pada dasarnya seperti bomber B-1 Amerika: besar, berat, sayap ayunan yang dimaksudkan untuk membawa senjata nuklir jarak jauh. Soviet memproduksi sekitar 35 unit pesawat pada 1980-an, dan hanya lima belas masih aktif dalam pelayanan.
Blackjack adalah pesawat bomber dengan kemampuan nuklir, pada saat perang, akan melipat kembali sayap seperti angsa dan melesat ke arah target dengan kecepatan tinggi. Setelah di kisaran, dia akan meluncurkan rudal jelajah yang akan membuat bagian terakhir dari perjalanan mereka dengan terbang rendah dan lambat di bawah radar musuh.Sejarah Pembom stratregis supersonik Tu-160 (Penyebutan NATO Blackjack) diproduksi oleh Tupolev aircraft research and engineering complex joint stock Moskow dan Kazan-Gorbunov Aircraft Production Association di Tatarstan 1980-1992.
Penerbangan perdana pembom dilakukan pada bulan Desember 1981 dan mulai beroperasi pada April 1987. Produksi kembali dimulai dan Tu-160 dikirim kepada Angkatan Udara Rusia pada Mei 2000. Sekitar 35 pesawat dibangun dan hanya 15 masih aktif bertugas di Rusia.
Tu-160 disebut sebagai White Swan karena manuver dan anti-flash white finish. Pesawat ini dibangun dengan misi untuk membawa senjata nuklir dan konvensional antar benua. Pesawat ini mampu beroperasi di semua cuaca, siang dan malam dan di semua garis lintang. Kinerja pesawat Rusia Tu-160 sering dibandingkan dengan pesawat AS B-1B.Desain Badan pesawat pembom memiliki penampilan yang khas, dengan sayap dan badan pesawat secara bertahap terintegrasi ke dalam konfigurasi single-piece. Struktur badan pesawat ini didasarkan pada kotak torsion beam titanium, semua-dilas. Seluruh badan dan semua anggota badan pesawat utama dilindungi dengan balok titanium.
Variabel sayap geometri meruncing menyapu dari 20° sampai 65° untuk memberikan kinerja tinggi penerbangan pada kecepatan supersonik dan subsonik. Permukaan ekor, horizontal dan vertikal, adalah salah satu bagian dan bergerak.
Tu-160 menggunakan fly-by-wire kontrol. Pesawat ini dilengkapi dengan landing gear tiga-strut, roda ekor dan parasut rem. Untuk take-off, pesawat memerlukan landasan beton sepanjang 3,050 meter.Varian Tu-160 memiliki delapan varian: Tu-160S, Tu-160V, Tu-160 NK-74, Tu-160M, Tu-160P, Tu-160PP, Tu-160R dan Tu-160SK.
✈️ Tu-160V adalah versi upgrade yang menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar.
✈️ Tu-160 NK-74 adalah versi pertama yang didukung oleh mesin NK-74.
✈️ Tu-160M dapat menampung dua tambahan rudal jarak jauh hipersonik Kh-90.
✈️ Tu-160P, juga dikenal sebagai Tu-161, adalah pesawat pemburu dan pencegat jarak jauh.
✈️ Tu-160SK adalah versi komersial upgrade terutama digunakan untuk meluncurkan satelit dalam sistem Burlak. Kokpit Awak Tu-160 terdiri dari pilot, co-pilot, navigator dan operator. Empat awak dilengkapi dengan kursi ejeksi, yang menyediakan kru untuk keluar dari pesawat jika terjadi masalah di seluruh rentang ketinggian dan kecepatan udara, termasuk ketika pesawat diparkir.
Di kokpit dan kabin, semua data disajikan pada indikator elektro-mekanik konvensional dan monitor, dan tidak dengan head-up displays atau cathode ray tube.
Tu-160 memiliki tongkat kontrol untuk kontrol penerbangan seperti yang digunakan dalam pesawat tempur. Bukan control wheels atau yokes yang biasanya digunakan pada pesawat transportasi besar atau bomber.
Tu-160 dapat membawa senjata nuklir dan konvensional termasuk rudal nuklir jarak jauh. Rudal ditampung pada peluncur multi-stasiun di dalam dua kubah senjata pesawat.
Tu-160 mampu membawa rudal jelajah strategis Kh-55MS, yang dikenal di Barat dengan sebutan NATO AS -15 Kent. Mampu membawa 12 rudal Kh-55MS, enam di setiap kubah senjata. Kh-55MS didorong oleh mesin turbofan. Jangkauan maksimum 3.000 km, dan dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir 200kt.
Kubah senjata juga dilengkapi dengan peluncur untuk Kh-15P, yang memiliki sebutan NATO AS-16 Kickback. Kh-15P Kickback menggunakan bahan bakar padat, yang memberikan jangkauan hingga 200 km. Kickback dapat dipasang dengan 250 kg hulu ledak konvensional atau hulu ledak nuklir. Pesawat ini juga mampu membawa berbagai bom udara dengan berat total hingga 40 ton.Avionik Pesawat ini serba komputer, dan sistem avionik termasuk sistem yang terpadu, navigasi dan kontrol penerbangan, dengan radar navigasi dan serangan, sistem penanggulangan elektronik, dan kontrol otomatis.
Sistem propulsi pesawat terdiri dari empat mesin turbofan Samara NK-321, yang masing-masing memberikan dorongan maksimum 25.000. Mesin dipasang di dua polong di bawah sayap. Bomber memiliki sistem pengisian bahan bakar dalam penerbangan. Dalam posisi tidak beroperasi, probe pengisian bahan bakar ditarik kembali ke dalam hidung pesawat di depan kabin pilot. Kapasitas bahan bakar pesawat 160,000 kg.
Tu-160 dapat menanjak pada tingkat 70 m per detik. Maksimum 2.220 km per jam dan cruise dan 960 km per jam. Kisaran pesawat adalah 12,300 km. Radius tempur adalah 7,300km. Layanan langit-langit 16,000m. Tu-160 memiliki daya tahan penerbangan 15 jam. Pesawat beratnya sekitar 110,000 kg dan berat take-off maksimum adalah 275,000kg.Upgrade Kazan Aircraft Production Organisation (KAPO) mendapat kontrak untuk meng-upgrade 15 pesawat pembom Tu-160 Angkatan Udara Rusia. Paket upgrade Tupolev termasuk sistem penargetan baru, upgrade rudal jelajah dan peperangan elektronik. Pesawat upgrade pertama diselesaikan pada bulan Juli 2006.
Pada bulan September 2008, dua pembom Tu-160 membuat penerbangan transatlantik pertama dari Murmansk ke Venezuela, pada misi pelatihan. Pada bulan Juni 2010, dua Tu-160 Rusia memecahkan rekor terbang 23 jam dengan menempuh 18,000 km. Para pembom terbang dari perbatasan Rusia di atas Kutub Utara dan Samudra Pasifik dan akhirnya mendarat di pangkalan Engels di wilayah Volga. Tupolev menyelesaikan tes modernisasi avionik kompleks untuk bomber Tu-160 pada bulan Maret 2013.
Kementerian Pertahanan Rusia memberikan kontrak senilai 105 juta Dollar AS untuk Tupolev dan Kapo untuk modernisasi tiga pembom Tu-160, pada bulan Juli 2013.
Sebuah pesawat Tu-160 dengan upgrade radar dan peralatan navigasi melakukan penerbangan pertama pada 16 November 2014 dan memasuki layanan Angkatan Udara Rusia pada Desember 2014.
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan baru-baru ini bahwa Rusia akan memulai produksi Tu-160, pembom era Soviet yang dikenal sebagai “Blackjack.” Tu-160 adalah sebuah platform nuklir, pada dasarnya seperti bomber B-1 Amerika: besar, berat, sayap ayunan yang dimaksudkan untuk membawa senjata nuklir jarak jauh. Soviet memproduksi sekitar 35 unit pesawat pada 1980-an, dan hanya lima belas masih aktif dalam pelayanan.
Blackjack adalah pesawat bomber dengan kemampuan nuklir, pada saat perang, akan melipat kembali sayap seperti angsa dan melesat ke arah target dengan kecepatan tinggi. Setelah di kisaran, dia akan meluncurkan rudal jelajah yang akan membuat bagian terakhir dari perjalanan mereka dengan terbang rendah dan lambat di bawah radar musuh.Sejarah Pembom stratregis supersonik Tu-160 (Penyebutan NATO Blackjack) diproduksi oleh Tupolev aircraft research and engineering complex joint stock Moskow dan Kazan-Gorbunov Aircraft Production Association di Tatarstan 1980-1992.
Penerbangan perdana pembom dilakukan pada bulan Desember 1981 dan mulai beroperasi pada April 1987. Produksi kembali dimulai dan Tu-160 dikirim kepada Angkatan Udara Rusia pada Mei 2000. Sekitar 35 pesawat dibangun dan hanya 15 masih aktif bertugas di Rusia.
Tu-160 disebut sebagai White Swan karena manuver dan anti-flash white finish. Pesawat ini dibangun dengan misi untuk membawa senjata nuklir dan konvensional antar benua. Pesawat ini mampu beroperasi di semua cuaca, siang dan malam dan di semua garis lintang. Kinerja pesawat Rusia Tu-160 sering dibandingkan dengan pesawat AS B-1B.Desain Badan pesawat pembom memiliki penampilan yang khas, dengan sayap dan badan pesawat secara bertahap terintegrasi ke dalam konfigurasi single-piece. Struktur badan pesawat ini didasarkan pada kotak torsion beam titanium, semua-dilas. Seluruh badan dan semua anggota badan pesawat utama dilindungi dengan balok titanium.
Variabel sayap geometri meruncing menyapu dari 20° sampai 65° untuk memberikan kinerja tinggi penerbangan pada kecepatan supersonik dan subsonik. Permukaan ekor, horizontal dan vertikal, adalah salah satu bagian dan bergerak.
Tu-160 menggunakan fly-by-wire kontrol. Pesawat ini dilengkapi dengan landing gear tiga-strut, roda ekor dan parasut rem. Untuk take-off, pesawat memerlukan landasan beton sepanjang 3,050 meter.Varian Tu-160 memiliki delapan varian: Tu-160S, Tu-160V, Tu-160 NK-74, Tu-160M, Tu-160P, Tu-160PP, Tu-160R dan Tu-160SK.
✈️ Tu-160V adalah versi upgrade yang menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar.
✈️ Tu-160 NK-74 adalah versi pertama yang didukung oleh mesin NK-74.
✈️ Tu-160M dapat menampung dua tambahan rudal jarak jauh hipersonik Kh-90.
✈️ Tu-160P, juga dikenal sebagai Tu-161, adalah pesawat pemburu dan pencegat jarak jauh.
✈️ Tu-160SK adalah versi komersial upgrade terutama digunakan untuk meluncurkan satelit dalam sistem Burlak. Kokpit Awak Tu-160 terdiri dari pilot, co-pilot, navigator dan operator. Empat awak dilengkapi dengan kursi ejeksi, yang menyediakan kru untuk keluar dari pesawat jika terjadi masalah di seluruh rentang ketinggian dan kecepatan udara, termasuk ketika pesawat diparkir.
Di kokpit dan kabin, semua data disajikan pada indikator elektro-mekanik konvensional dan monitor, dan tidak dengan head-up displays atau cathode ray tube.
Tu-160 memiliki tongkat kontrol untuk kontrol penerbangan seperti yang digunakan dalam pesawat tempur. Bukan control wheels atau yokes yang biasanya digunakan pada pesawat transportasi besar atau bomber.
Tu-160 dapat membawa senjata nuklir dan konvensional termasuk rudal nuklir jarak jauh. Rudal ditampung pada peluncur multi-stasiun di dalam dua kubah senjata pesawat.
Tu-160 mampu membawa rudal jelajah strategis Kh-55MS, yang dikenal di Barat dengan sebutan NATO AS -15 Kent. Mampu membawa 12 rudal Kh-55MS, enam di setiap kubah senjata. Kh-55MS didorong oleh mesin turbofan. Jangkauan maksimum 3.000 km, dan dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir 200kt.
Kubah senjata juga dilengkapi dengan peluncur untuk Kh-15P, yang memiliki sebutan NATO AS-16 Kickback. Kh-15P Kickback menggunakan bahan bakar padat, yang memberikan jangkauan hingga 200 km. Kickback dapat dipasang dengan 250 kg hulu ledak konvensional atau hulu ledak nuklir. Pesawat ini juga mampu membawa berbagai bom udara dengan berat total hingga 40 ton.Avionik Pesawat ini serba komputer, dan sistem avionik termasuk sistem yang terpadu, navigasi dan kontrol penerbangan, dengan radar navigasi dan serangan, sistem penanggulangan elektronik, dan kontrol otomatis.
Sistem propulsi pesawat terdiri dari empat mesin turbofan Samara NK-321, yang masing-masing memberikan dorongan maksimum 25.000. Mesin dipasang di dua polong di bawah sayap. Bomber memiliki sistem pengisian bahan bakar dalam penerbangan. Dalam posisi tidak beroperasi, probe pengisian bahan bakar ditarik kembali ke dalam hidung pesawat di depan kabin pilot. Kapasitas bahan bakar pesawat 160,000 kg.
Tu-160 dapat menanjak pada tingkat 70 m per detik. Maksimum 2.220 km per jam dan cruise dan 960 km per jam. Kisaran pesawat adalah 12,300 km. Radius tempur adalah 7,300km. Layanan langit-langit 16,000m. Tu-160 memiliki daya tahan penerbangan 15 jam. Pesawat beratnya sekitar 110,000 kg dan berat take-off maksimum adalah 275,000kg.Upgrade Kazan Aircraft Production Organisation (KAPO) mendapat kontrak untuk meng-upgrade 15 pesawat pembom Tu-160 Angkatan Udara Rusia. Paket upgrade Tupolev termasuk sistem penargetan baru, upgrade rudal jelajah dan peperangan elektronik. Pesawat upgrade pertama diselesaikan pada bulan Juli 2006.
Pada bulan September 2008, dua pembom Tu-160 membuat penerbangan transatlantik pertama dari Murmansk ke Venezuela, pada misi pelatihan. Pada bulan Juni 2010, dua Tu-160 Rusia memecahkan rekor terbang 23 jam dengan menempuh 18,000 km. Para pembom terbang dari perbatasan Rusia di atas Kutub Utara dan Samudra Pasifik dan akhirnya mendarat di pangkalan Engels di wilayah Volga. Tupolev menyelesaikan tes modernisasi avionik kompleks untuk bomber Tu-160 pada bulan Maret 2013.
Kementerian Pertahanan Rusia memberikan kontrak senilai 105 juta Dollar AS untuk Tupolev dan Kapo untuk modernisasi tiga pembom Tu-160, pada bulan Juli 2013.
Sebuah pesawat Tu-160 dengan upgrade radar dan peralatan navigasi melakukan penerbangan pertama pada 16 November 2014 dan memasuki layanan Angkatan Udara Rusia pada Desember 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.