Kamis, 28 Juli 2016

[Dunia] Anggaran Pertahanan Rusia Menurun

Rusia tak lagi masuk daftar tiga besar negara yang memiliki anggaran pertahanan terbesar di dunia, digantikan oleh Arab Saudi. Apakah alasannya dan apakah dengan tersingkirnya Rusia dari posisi tersebut memengaruhi kemampuan pertahanan Rusia? Penurunan harga minyak dan nilai tukar rubel terhadap dolar menyebabkan tersingkirnya Moskow dari tiga besar daftar SIPRI. [mil.ru]

Benarkah Rusia menurunkan pengeluaran untuk pertahanan?

Pada 2015, Moskow sebenarnya meningkatkan pengeluaran di bidang pertahanan dalam mata uang nasional.

Lantas, kenapa Rusia bisa keluar dari daftar tiga besar negara yang memiliki anggaran pertahanan terbesar di dunia? Hal ini dikarenakan Stockholm International Peace Research Institue (SIPRI) menghitung anggaran pertahanan dalam bentuk dolar AS. Sementara, Rusia mengeluarkan biayanya dalam bentuk mata uang nasional (rubel). Tahun lalu, nilai rubel jatuh drastis terhadap dolar AS. Karena itulah, Rusia keluar dari daftar tersebut.

Menurut para ahli SIPRI, Rusia akan mengurangi pengeluarannya di bidang pertahanan pada 2016.

Apakah hubungan antara minyak dan dolar?

Pada 2015, Rusia meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 7,5 persen dalam mata uang rubel. Meski begitu, penurunan harga minyak dan nilai tukar rubel terhadap dolar menyebabkan tersingkirnya Moskow dari tiga besar daftar SIPRI. Para ahli di SIPRI melakukan perhitungan anggaran pertahanan dalam kurs dolar.

Berapa biaya yang dihabiskan Rusia di bidang pertahanan?

Menurut penelitian yang dilakukan SIPRI, pada tahun 2015, Rusia meningkatkan anggaran pertahanannya sebesar 7,5 persen sehingga anggaran Kementerian Pertahanan Rusia mencapai 66,4 miliar dolar AS.

Apakah jumlah tersebut tergolong besar jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya?

AS memimpin daftar dunia yang dirilis SIPRI dengan anggaran sebesar 596 miliar dolar AS di bidang pertahanan. Pada posisi kedua, Tiongkok hadir dengan anggaran sebesar 215 miliar dolar AS. Posisi ketiga diisi oleh Arab Saudi dengan anggaran sebesar 84 miliar dolar AS.

Berapa persen dari jumlah PDB yang digunakan di bidang pertahanan?

Secara persentase, Rusia adalah salah satu pemimpin pada pengeluaran PDB untuk pertahanan. Pengeluaran militer Amerika Serikat diperkirakan 3,5 persen dari PDB. Tiongkok menghabiskan sekitar 2,1 persen dari PDB, sedangkan Rusia menghabiskan 4,5 persen. Mengalahkan Rusia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab hadir dengan masing-masing 10,4 persen dan 5,1 persen dari PDB masing-masing negara.

Dinamika dunia: Kenaikan atau penurunan pengeluaran?

Untuk pertama kalinya sejak 2011, total belanja militer global tumbuh sebesar satu persen mencapai 1,7 triliun dolar AS.

Apa alasannya?

Di satu sisi, biaya yang dikeluarkan untuk pertahanan mencerminkan eskalasi konflik dan ketegangan di banyak wilayah dunia. Di sisi lain, hal ini menunjukkan bahwa lonjakan pada pengeluaran militer sehubungan dengan harga minyak yang tinggi dalam satu dekade terakhir kini tinggal kenangan,” kata Kepala Proyek Pengeluaran Militer SIPRI Sam Perlo-Freeman yang tertulis di dalam laporan organisasi.

Pengeluaran apa saja yang dihemat oleh Rusia?

Menurut para ahli militer, Moskow mengurangi anggaran biaya militer di bawah “layanan”, tapi tak mengurangi biaya persenjataan dan pelatihan militer tentara.

  RBTH  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...