Rabu, 27 November 2013

Serba-Serbi Pengamanan APEC 2013 [2]

 Wartawan Nekat, Benigno Cuma Senyum 

Benigno Aquino dan Presiden SBY (Foto: Abror Rizki/Rumgapres)TIM Pengamanan VVIP KTT APEC XXI di Bali tak hanya bertugas memastikan keamanan kepala negara yang mereka kawal dari ancaman tindak kekerasan. Jika ada hal-hal yang dianggap bisa mengganggu kelancaran gerak kepala negara saat mengikuti berbagai sesi dalam APEC, tim pengamanan juga harus sigap mengambil langkah.

Seperti pengalaman Komandan Tim Pengamanan Pribadi Presiden Filipina Benigno Aquino, Letnan Satu Pasukan Tunggul Dwi Asmoro. Kala itu, Tunggul mengawal Presiden Benigno menuju lokasi pertemuan. Saat Benigno berjalan bersama Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Tunggul dan timnya melihat ada gelagat mencurigakan dari salah satu jurnalis yang berada bersama para pewarta lainnya.

Mereka berada di tempat khusus wartawan di sisi kanan Benigno. Sang wartawati itu pun berteriak ke arah Benigno, melontarkan satu pertanyaan. Namun, Benigno sepertinya tak berkenan meladeni wartawan tersebut.

"Pak Presiden Benigno tetap berjalan bersama Presiden Meksiko. Wartawan tadi tetap ngotot berteriak hingga akhirnya diamankan. Saat tim pengamanan membawanya keluar dari lokasi acara pun dia tetap berteriak, petugas sampai kewalahan. Tali jam tangan teman saya yang mengamankan wartawan itu sampai putus," ujar Tunggul di Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden, Jakarta Pusat.

Tunggul yang sehari-hari bertugas menjadi Wakil Komandan Tim Pengamanan Pribadi Ibu Herawati Boediono itu pun sempat panik. Tapi dia tetap berjalan mengawal Benigno hingga masuk ke ruang acara.

"Saat itu Pak Benigno tidak ada komentar, Beliau hanya tersenyum," sambungnya.

Selain insiden kecil tersebut, kata Tunggul, timnya tidak menemukan kesulitan selama mengawal Presiden Benigno dan Ibu Negara Filipina. Baik Benigno maupun Ibu Negara Filipina, sangat tepat waktu dan tertib mengikuti seluruh jadwal kegiatan yang disusun panitia. Tamu negara pun akhirnya pulang dengan kesan memuaskan yang dititipkan kepada para Tim Pengawalan VVIP.(lam)

  Okezone 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...