Rabu, 22 Januari 2014

Penutupan Final Planning Conference Latma Multilateral Komodo 2014

Batam Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, SE, mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio menutup pelaksanaan FPC (Final Planning Conference) Latma Multilateral Komodo 2014, bertempat di Swissbell Hotel Batam, yang diikuti perwakilan dari 16 negara ASEAN dan ASEAN Plus, Kamis (16/1).

FPC ini merupakan kegiatan lanjutan dari IPC (Initial Plannning Conference) dan MPC (Mid Plannning Conference) yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu di Jakarta. Pertemuan ini merupakan finalisasi persiapan akhir sebelum pelaksanaan di lapangan yang akan digelar pada tanggal 27 Maret sampai 3 April 2014 di wilayah Batam, Anambas, dan Natuna.

Kegiatan Latihan Bersama Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo 2014 ini mengusung tema, "Kerjasama Untuk Menjaga Stabilitas Kawasan (Cooperation for Stability) yang fokus pada kegiatan non-warfighting exercise, berupa Latihan Penangulangan Bencana (Disaster Relief Operation).

Kegiatan Latihan Bersama ini merupakan pertama kali dilangsungkan di Indonesia, bahkan di ASEAN yang turut melibatkan negara-negara Non ASEAN. Rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dua tahunan sekali dengan tema yang direncanakan berbeda-beda.

Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ini memiliki dimensi kepentingan Nasional sekaligus Regional untuk meningkatkan hubungan antar negara ASEAN dan negara ASEAN Plus, sehingga dapat meningkatkan stabilitas keamanan maritim kawasan. Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan prajurit TNI dalam penanggulangan becana alam terutama dalam operasi secara multilateral.

Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ini akan dilaksanakan di 7 wilayah Kepulauan yang ada di Anambas dan Natuna yaitu: Pulau Jemaja, Pulau Tiga, Pulau Siantan, Pulau Bungaran Besar, Pulau Sedanau, dan Pulau Tiga, dengan kegiatan bakti sosial yang tergabung dalam Program Encap (Engeneering Civic Action Program) dan bakti kesehatan atau Medcap (Medical Civic Action Program).

Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Festival Bahari yang kegiatannya berupa expo maritim, kegitan budaya, olahraga, dan kuliner di Kota Batam, dengan tujuan kegiatan Latma ini memberikan nilai tambah bagi dunia pariwisata Kepulauan Riau dan Indonesia secara umum, sebabnya seluruh peserta dan prajurit yang terlibat dalam Latma ini akan diperkenalkan dengan seluruh budaya yang ada di wilayah Kepri ini.

  TNI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...