Jumat, 02 Januari 2015

[World] Petaka Senjata Infanteri Amerika

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/infanteri.jpgSenapan yang menggunakan pasukan infanteri Amerika saat ini mengalami sedikit perubahan saja sejak tahun 1960. Dan itu dinilai sebagai sebuah catatan buruk mengingat senjata yang ada penuh dengan masalah dan kelemahan. Robert H Scales, pensiunan Angkatan Darat dengan pangkat jenderal menulis di majalah The Atlantic menyatakan nyawa militer saat ini digantungkan pada logam komposit murah dan plastik. ”Mengapa negara terkaya di dunia ini tidak bisa memberikan tentaranya senjata yang lebih baik,” katanya di awal tulisan.

Suatu sore hanya satu setengah bulan setelah Pertempuran Gettysburg, Christopher Spencer, pencipta senapan tujuh tembakan beruntun berjalan bersama Abraham Lincoln di lapangan rumput dekat tempat Monumen Washington untuk menunjukkan kemampuan ciptaanya. Lincoln pun langsung menyatakan akan membeli senjata tujuh putaran dan bisa tepat menghantam target kecil sejauh 40 meter (saat itu sudah luar biasa).

Tetapi bagi birokrat Angkatan Darat, repeater yang mahal hanya membuang-buang amunisi. Membelinya sebagai tindakan bodoh dan sia-sia. Kepala bagian persenjataan Angkatan Darat kala itu Jenderal James Wolfe Ripley dengan segala cara menolak melengkapi tentara dengan senapan canggih itu. Dan upayanya berhasil.

Padahal sejarahwan Perang Sipil, Robert V. Bruce berspekulasi bahwa jika saja tentara Union kala itu menggunakan senjata baru tersebut maka perang saudara tahun 1862 mungkin akan bisa diselesaikan dalam waktu singkat dan mengurangi korban ratusan ribu jiwa.

Robert menyebut kemenangan birokrat Ripley atas Lincoln adalah awal dari skandal pertahanan terpanjang dalam sejarah Amerika. “Aku hampir menjadi salah satu korban Ripley. Pada bulan Juni 1969, di pegunungan Vietnam Selatan, kami menghabiskan pertempuran berhar-hari. Artileri terus mendukung pasukan infanteri menggali “Hamburger Hill.” Menjelang sore, kami sedang tidur di samping senapan M16 kami.

Pada pukul 3 pagi, musuh menyerang. Mereka dipersenjatai dengan senjata luar biasa handal dan kasar Soviet AK-47, dan setelah mendaki bukit selama berjam-jam menyeret senjata mereka melalui lumpur, mereka tidak punya masalah melepaskan tembakan otomatis menghancurkan. Tidak begitu dengan kami. Sampai hari ini, saya dihantui melihat tiga tentara tewas saya berbaring di atas senapan yang terbuka dalam upaya panik untuk membersihkan senjata karena kemacetan.”

Dengan beberapa modifikasi, senjata yang menewaskan tentara saya hampir 50 tahun yang lalu juga telah membunuh tentara kami di Afghanistan. Hantu Ripley masih terus mengikuti. “Selama 35 tahun saya di Angkatan Darat, menjadi jelas bagi saya bahwa dari Gettysburg ke Hamburger Hill ke jalan-jalan Baghdad, kegemaran Amerika untuk mempersenjatai pasukan dengan senapan buruk telah menjadi penyebab kematian yang tidak perlu terjadi.”

Selama beberapa dekade mendatang, menurutnya, Departemen Pertahanan akan menghabiskan lebih dari $ 1 triliun pada F-35 jet tempur siluman setelah hampir 10 tahun pengujian masih harus dikerahkan ke zona pertempuran tunggal. Tapi senapan buruk tetap berada di tangan tentara di setiap zona pertempuran.
Pertempuran jarak jauh http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/infanteri-2.jpgDalam bertempur sejak Perang Dunia II, sebagian besar laki-laki dan perempuan dalam di Angkatan Darat tidak terlibat banyak dalam aksi pembunuhan. Pekerjaan mereka adalah sama seperti rekan-rekan sipil mereka. Tugas infanteri untuk mencari dan membunuh musuh yang tentu saja dengan risiko tinggi.

Infantri Angkatan Darat dan Korps Marinir, bergabung dengan kelompok sangat kecil sebagai pasukan Operasi Khusus, terdiri dari sekitar 100.000 tentara, sekitar 5 persen dari berseragam pegawai Departemen Pertahanan.

Selama Perang Dunia II, 70 persen dari prajurit yang tewas adalah dari infanteri. Dan sejak itu proporsinya meningkat menjadi sekitar 80 persen. Mereka adalah kebanyakan yang yang bertahan hidup dengan bergantung pada senapan dan amunisi mereka.

Dalam pertempuran, seorang prajurit infanteri hidup selayaknya hewan. Hukum primal gigi dan taring menentukan apakah ia akan hidup atau mati.
http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/infanter-m16-e1420108843795.jpgM-16 Carabine

Pertempuran di Afghanistan dan Irak memperjelas pelajaran infanteri maju ke zona pertempuran paling keras, lelah, bingung, lapar, dan menakutkan. Peralatan mereka kotor, rusak, atau usang. Mereka mati disergap saat berpatroli, serangan penembak jitu, jebakan dan alat peledak improvisasi. Mereka mungkin hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk mengangkat, membidik, dan menarik pelatuk sebelum musuh menembak. Kelangsungan hidup tergantung pada kemampuan untuk menewaskan lawan lebih cepat.

Setiap kesempatan yang hilang, betapapun kecilnya, berarti kematian. Ketika senjata macet, musuh yang sangat cepat akan menjadi kematian. Seorang tentara ketika latihan ditanamkan pemahaman bahwa senapannya adalah sahabatnya dan tiket untuk pulang ke rumah. Jika kehidupan begitu banyak tergantung pada alat ini kenapa hanya diberi senjata enam pon komposit baja dan plastik seharga $ 1.000. ”Mengapa bisa negara terkaya di dunia memberikannya kepada mereka?”

Jawabannya adalah kompleks dan sederhana. M4, karabin standar yang digunakan oleh infantri saat ini, adalah versi yang lebih ringan dari senapan M16 yang membunuh begitu banyak tentara yang membawanya di Vietnam. (M16 masih juga digunakan secara luas saat ini).

Pada 13 Juli 2008, sembilan infanteri tewas ketika menghadapi serangan Taliban di sebuah pos tempur dekat desa di provinsi Nuristan Wanat Afghanistan. Beberapa prajurit ini kemudian melaporkan bahwa di tengah-tengah pertempuran senjata mereka terlalu panas dan macet. Kisah Wanat mengingatkan pengalaman di Vietnam. Pada kenyataannya, selain beberapa perubahan hiasan, senapan dari kedua perang ini hampir sama. M4 yang laras pendek membuat kurang efektif pada rentang panjang dibandingkan M16-an. Kelemahan yang sangat serius dalam pertempuran modern, yang semakin bersifat perang dengan jarak jauh.
Setengah AK-47 http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/infatery2.jpgM16 awalnya dirancang salah satu desainer senjata api yang paling terkenal di dunia. Pada tahun 1950, seorang insinyur bernama Eugene Stoner membuat standar senapan infanteri, M14. 5,56 mm cartridge. Stoner memodifikasi bukan dari cartridge M14 tetapi dari Remington cartridge senapan komersial yang telah dirancang untuk membunuh varmints kecil.

Penemuannya, AR-15 yang ringan, praktis, dan mampu melakuakn tembakan otomatis. Senjata ini lebih baik dibanding M14 yang berat dan sulit recoiling. Namun Angkatan Darat kembali enggan untuk berubah. Pada tahun 1963, perlahan-lahan mulai mengadopsi penemuan Stoner. Dan adaptasi dari AR-15 adalah M16 yang kemudian menjadi sejarah buruk militer AS.

Stoner siklus pistol cartridge menggunakan tekanan gas untuk mendorong peluru melewati laras. Gas kemudian mengalir ke tabung aluminium sangat sempit menghasilkan kekuatan dorong yang tinggi dan melemparkan baut perakitan ke belakang, membuat perakitan baut bebas bergerak dalam tubuh senapan. Tetapi debu atau kotoran atau residu dari cartridge dapat menyebabkan mengotori perakitan hingga senjata macet.
http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/infanteri-m4_right.jpgM-4 Carabine

Sebaliknya, Soviet AK-47 memiliki siklus putaran dengan menggunakan batang operasi yang solid melekat pada perakitan baut. Hentakan gas dari AK-47 melempar peluru dan baut perakitan kembali sebagai satu unit, dan lampiran yang solid berarti bahwa lumpur atau debu tidak akan mengganggu fungsi senjata. Seorang infantri Rusia dapat menembakkan sekitar 140 peluru per menit tanpa berhenti. M4, hanya sekitar separuhnya.

Selama Perang Saudara, General Ripley berpendapat tentara infanteri akan kesulitan menangani kompleksitas senjata baru. ”Kami mendengar argumen sama sekarang. Hari ini gerutuan telah menunjukkan dalam 13 tahun perang bahwa ia dapat menangani kompleksitas. Dia seorang yang berpengalaman, profesional layak mendapatkan senjata yang sama dengan pasukan khusus, yang memiliki hak istimewa untuk membeli peralatan terbaik yang mereka inginkan.

Apa yang harus-generasi berikutnya, semua tujuan infanteri senapan terlihat seperti? Ini harus modular. Beberapa senjata sekarang dapat dirakit dari chassis tunggal. Seorang anggota tim dapat menyesuaikan senjata dengan melampirkan barel yang berbeda, buttstocks, lengan, sistem pakan, dan aksesori untuk membuat, katakanlah, sebuah senapan mesin ringan, karabin yang, senapan, atau senapan otomatis infanteri.

Dari era Jenderal James Ripley hingga hari ini, Angkatan Darat selalu menemukan alasan untuk menolak tentaranya yang ada garis depan membawa senjata yang aman dan efisien. Seharusnya tidak seperti itu. Investasikan beberapa dollar untuk menyelamatkan nyawa infanteri yang bertarung di garis paling depan.[The Atlantic]

  ♆ Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...