Kamis, 21 Januari 2016

[Dunia] AS Ancang-ancang Uji Rudal Balistik Antarbenua Pertama Kali

Lokasi fasilitas uji coba sistem rudal Amerika Serikat. (AP)

Amerika Serikat (AS) telah ancang-ancang untuk melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) untuk pertama kalinya pada tahun ini. AS menyatakan uji coba ICBM yang akan dilakukan merupakan uji pencegatan rudal.

Persiapan uji coba ICBM disampaikan Wakil Direktur Badan Pertahanan Rudal (MDA) Admiral James Syring dalam sebuah pidato di Pusat Studi Strategis Internasional, Selasa kemarin.

Rusia dan China telah menyuarakan keprihatinan atas uji coba ICBM pertama kali oleh AS. Selain bisa menargetkan Rusia, ICBM juga bisa menargetkan Korea Utara (Korut) yang baru saja mengklaim berhasil menguji coba senjata nuklir jenis bom hidrogen.

Akhir tahun ini, yang berarti tahun kalender ini, kita akan terbangkan untuk pertama kalinya ICBM dengan penanggulangan, dan itu akan menjadi tes pencegatan,” kata Syring, seperti dikutip Sputnik, Rabu (20/1/2016).

AS, kata Syring, telah bekerja untuk mengembangkan sistem pertahanan rudal yang mampu mengalahkan senjata musuh. ”Kecepatan tinggi ICBM akan berlaku terhadap Korea Utara atau skenario untuk Iran,” lanjut Syring.

Setelah uji coba ICBM pada tahun 2016, MDA akan menjalankan tes serupa yang menggunakan dua rudal interseptor darat terhadap satu sasaran ICBM. Dalam lima tahun terakhir, Amerika Serikat telah berhasil mencegat rudal balistik jarak pendek dan jarak menengah. (mas)


  ★ sindonews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...