Senin, 05 September 2016

Tiga Kapal Patroli Perkuat TNI AL

KAL TNI AL, salah satu kapal patroli propeller produksi Tesco Indomaritim [TNI AL]

T
iga kapal patroli yang memiliki panjang 28 meter (KAL 28 Meter) buatan dalam negeri, "Tesco Indomaritim" memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut.

Kapal patroli yang diberi nama KAL Marapas, KAL Lemukutan dan KAL Bunyu dari Tesco Indomaritim itu diserahkan kepada TNI Angkatan Laut melalui acara penyerahan yang dipimpin Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Senin (5/9).

Ketiga kapal tersebut memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot), berat penuh 70 ton dan diawaki 15 personil ABK.

KAL Marapas akan memperkuat Lantamal IV Tanjung Pinang, KAL Lemukutan memperkuat Lantamal XII Pontianak dan KAL Bunyu memperkuat Lantamal XIII Tarakan.

Dengan dimensi yang relatif kecil, kapal buatan Tesco Indomaritim akan dapat bermanuver dengan lincah, bahkan di alur perairan yang sempit sehingga mudah melakukan pengejaran, pengintaian terhadap berbagai ancaman kejahatan dan pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut.

"Kapal-kapal ini dirancang untuk melaksanakan tugas operasi keamanan laut terbatas dan memperkuat pengamanan di sekitar Pangkalan Angkatan Laut," kata Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi.

Menurut dia, ketiga kapal tersebut merupakan hasil pengadaan Dismatal TA 2015. Dengan diserahkannya ketiga kapal tersebut, maka secara langsung akan menambah kekuatan TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia.

  Berita Satu  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...