Jumat, 20 Januari 2017

Panglima Minta TNI AU Jujur Evaluasi Alutsista

"Supaya tidak terus terjadi kecelakaan sebagaimana terjadi akhir-akhir ini..."Kecelakaan pesawat sering terjadi [mediaIndonesia] ★

P
anglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meminta TNI Angkatan Udara berani secara jujur mengevaluasi kekuatan, terutama yang berkaitan dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Apalagi sebelumnya kita ketahui bersama, dalam kurun waktu terakhir ini kita masih menemui peristiwa kecelakaan TNI," kata Panglima TNI saat memimpin serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara dari Marsekal TNI Agus Supriatna ke Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat.

Gatot meminta TNI Angkatan Udara mengevaluasi alutsista secara jujur, terutama berkenaan dengan pesawat tempur maupun pesawat pasukan.

"Supaya tidak terus terjadi kecelakaan sebagaimana terjadi akhir-akhir ini," ujarnya.

Panglima TNI juga meminta TNI Angkatan Udara menjaga dan mempertahankan wilayah udara Indonesia di tengah tantangan dan ancaman terhadap wilayah udara yang cukup kompleks seiring dengan globalisasi dan perkembangan cepat teknologi.

"Serah terima jabatan dalam era kompetisi global, tantangan akan semakin dinamis, terutama kompetisi wilayah udara. TNI AU dituntut untuk profesional dan menjadi prajurit andal. Sebagai poros maritim dunia, dirgantara sebagai wadah penting nasional. Dirgantara harus dipertahankan dan diamankan," kata Gatot.

 Marsekal TNI Hadi Tjahjanto janji wujudkan "zero accident
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto janji wujudkan Dokumentasi puing-puing C-130B Hercules nomor registrasi A-1334 yang jatuh di kawasan Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/12/2016). Tanpa kecelakaan alias zero accident menjadi fokus kerja Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang menggantikan seniornya, Marsekal TNI Agus Supriatna. (ANTARA FOTO/Anyong)

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, berjanji menerapkan alias mewujudkan kebijakan zero accident atau tanpa kecelakaan pesawat terbang di seluruh jajarannya.

"Kami akan menekan kecelakaan. Kami harapkan zero kecelakan," kata dia, usai serah terima jabatan kepala staf TNI AU dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada dia, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat.

Serah terima jabatan itu dipimpin Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Hadir juga Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnawian, dan para petingggi TNI AU serta ratusan prajurit yang menjadi peserta upacara.

Tjahjanto menjelaskan, persoalan yang akan diperbaiki agar kecelakaan bisa diatasi adalah perbaikan manajemen yang menyangkut sistem kesenjataan maupun manajemen personel.

Di tempat yang sama, Nurmantyo meminta dia agar mengevaluasi secara jujur sistem kesenjataan yang dimiliki, terutama menyangkut pesawat tempur maupun pesawat pasukan.

Hal itu supaya tidak terus terjadi kecelakaan sebagaimana terjadi akhir-akhir ini.

  Antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...