Jumat, 16 Januari 2015

Gemuruh di Asia, Mendidih di Asia Tenggara

http://4.bp.blogspot.com/-FhDfV62FQQ8/UJ0G63ok0KI/AAAAAAAAA1k/FJ-_RnffOEk/s1600/216977.jpgF-16 TNI AU

Pada dua kesempatan terakhir, sepasang Sukhoi Su-30 memaksa pesawat asing mendarat. Meski sempat diragukan apakah Su-30 Indonesia telah memiliki kemampuan menyerang, karena rudal belum disampaikan untuk jet buatan Rusia.

Tapi konfrontasi menggarisbawahi pergeseran dalam kemampuan militer antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Satu dekade yang lalu, angkatan udara Indonesia memiliki sedikit kemampuan tempur canggih, setelah sebagian besar jet tempur mereka harus di grounded karena embargo Amerika serta krisis ekonomi.

Sekarang negara ini meregangkan otot. Anggaran pertahanan Indonesia telah meningkat empat kali lipat selama dekade terakhir menjadi 8 miliar Dollar Amerika. Sementara itu, suku cadang untuk F-16 yang sempat diembargo juga telah didapatkan. Bahkan pesawat versi baru telah dibeli. Delapan helikopter serang Apache Boeing telah dipesan; dan ekspansi angkatan laut yang besar menjadi bagian dari program lima tahun modernisasi senilai $ 13.200.000.000 diumumkan pada bulan Agustus 2013. Su-30 dibeli menggunakan sistem kredit senilai 1 miliar Dollar Amerika pada tahun 2007.

Ekspansi meningkat. Presiden baru terpilih Joko Widodo membuat swasembada dan eksploitasi sumber daya kepulauan kelautan menjadi tema pemerintahannya, dan dia sudah berbicara akan menaikkan anggaran hingga dua kali lipat.

Sikap ini mencerminkan perubahan laut dalam pemikiran militer Asia Tenggara. Selama beberapa dekade, militer di kawasan itu difokuskan pada pemberontakan dalam negeri, keamanan perbatasan dan, dalam beberapa kasus, mempertahankan kontrol politik. Angkatan Darat yang kuat menjadi kebutuhan pokok.

Tetapi saat ini, pemerintah lebih peduli mengamankan udara dan laut sehingga mereka dapat melaksanakan kedaulatan atas dan dasar laut sumber daya alam, kontes klaim tumpang tindih, mencegah penjarahan hutan dan mineral, dan memantau penyelundupan manusia. Hal ini memerlukan investasi besar dalam modernisasi kekuatan angkatan laut dan udara.

Dengan ekonomi membaik pindah ke posisi -menengah– lebih tinggi dalam kasus sepenuhnya dikembangkan oleh Singapore – pemerintah memiliki dana lebih untuk dibelanjakan pada senjata dan platform militer yang canggih.
Akuisisi Skala Besarhttp://1.bp.blogspot.com/-XMiNHlxGyHc/UWFo3t4Y_dI/AAAAAAAAYhc/5klnqMMK8J0/s1600/KS_kaskus.jpgKapal Selam

Anggaran pertahanan Asia Tenggara tumbuh sebesar 5% pada tahun ini menjadi hampir 36 miliar dollar pada tahun 2013, menurut Stockholm International Peace Research Institute, tepat meningkat 4,7% untuk Asia Timur sebesar 282 miliar.

Sementara itu, produsen pertahanan di Eropa, Rusia dan Amerika Utara yang ingin menjual, dengan menyediakan kredit ekspor mewah untuk mempermanis penawaran. Lebih dekat ke wilayah tersebut, Jepang dan Korea Selatan, raksasa industri Asia Timur, juga memasuki pasar senjata.

Ketegasan China dalam mengklaim Laut China Selatan sebagai wilayah kedaulatan – terhadap counterclaims dari lima negara Asia Tenggara – telah mendorong AS, Jepang, India dan Australia, meningkatkan kemampuan angkatan bersenjata dan penjaga pantainya.

Akibatnya, wilayah ini melihat akuisisi skala besar perlombaan senjata untuk mewujudkan kemampuan pertahanan dan membuat rival potensial berpikir dua kali untuk mengganggu.

Angkatan laut memperluas armada kapal selam konvensional untuk menjaga teritorialnya. Indonesia, Singapura dan Vietnam membeli kapal selam generasi baru, dengan Malaysia dan Thailand mempertimbangkan untuk mengikutinya.

Korea Selatan sedang membangun yang pertama dari 12 kapal selam Type-214 untuk Indonesia, dengan beberapa kapal akan dibangun di Surabaya. Vietnam telah mengakuisisi pertama dari enam kapal selam kelas Kilo dari Rusia untuk membantu menjaga perairan mereka dari China, dengan pendanaan low-profile dari Jepang dan pelatihan dari India.

Di selatan, Australia sedang mempertimbangkan untuk membeli kapal selam canggih kelas Soryu yang dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Heavy Industries, menyusul keputusan oleh pemerintah Jepang menghapus pembatasan negara pada ekspor peralatan militer.

Beberapa angkatan laut sedang membangun kapal “flat-top” besar yang dapat membawa kawanan helikopter anti-kapal selam atau mendaratkan pasukan dengan cepat di pulau-pulau terpencil atau platform minyak. Jepang menciptakan tren dengan dua operator helikopter kelas Hyuga yang dibangun oleh IHI. Negara ini menambahkan dua kapal yang lebih besar – operator kelas Izumo. Korea Selatan sedang membangun sebuah helikopter pembawa kelas Dokdo.

Australia baru saja menerima kapal LHD pertama dari dua yang dipesan, sementara Singapura telah mendesain ulang kapal LPD Class sebagai platform yang lebih besar.
Upgrade Angkatan Udarahttp://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2014/12/141218-f-vy794-106.jpgF-35 Australia

Keempat negara (Singapura, Australia, Jepang dan Korea Selatan) bergabung dalam prorgram pembangunan F-35 Lightning II strike fighter. Keempatnya ingin mencari varian lepas landas konvensional untuk angkatan udara mereka, serta varian lepas landas pendek dan vertikal dari varian F-35B yang akan memberi perubahan angkatan laut mereka dari platform helikopter ke operator pesawat sayap tetap.

Sementara mereka menunggu F-35, angkatan udara Australia dan Singapura meng upgrade pesawat mereka, masing-masing F/A-18 Super Hornet dan F-15SG Eagle, keduanya dibuat oleh Boeing.

Sementara Angkatan Darat umumnya enggan untuk mengecilkan jumlah pasukan mereka (kecuali di Taiwan, di mana akhir wajib militer pada tahun 2016 akan turun signifikan) dan masih banyak bersikeras kemampuan prestise, seperti medium tank -berat yang lebih cocok untuk medan perang Eropa-.

Untuk peran laut. Salah satu batalyon pasukan komando Australia, yang berbasis di Townsville, Queensland, akan melatih pasukannya dengan pendaratan helikopter baru, dan tentara Malaysia juga menugaskan unit sejenis untuk peran laut. Kasus yang paling ekstrim adalah Singapura. Akan ada kemampuan lini depan yang memiliki kapal yang dapat beroperasi dengan penerbangan, mungkin termasuk F-35, termasuk pesawat tanker pengisian bahan bakar di udara, jarak platform pengawasan dan sebagainya.

Semua mengatakan bahwa ekspansi kekuatan dan peningkatan di Asia Tenggara maupun Australia terkait dengan ancaman dari China.

Negara-negara lain, seperti Australia, Thailand dan Singapura, sejalan dengan AS tetapi berusaha untuk menyeimbangkan tindakan sebagai pencegahan terhadap kekuasaan China.
Faktor Prestisehttp://3.bp.blogspot.com/-Ax22nAqeFnY/VCm5_3Lb6BI/AAAAAAAAFUk/E4jpAY6aJS8/s1600/6011941_20140929073541samueltirta.jpgLeopard 2A4 Indonesia

Asosiasi 10 negara anggota Asia Tenggara mencakup semua negara-negara di kawasan yang memiliki sengketa wilayah dengan Beijing di Laut Cina Selatan. Namun negara-negara di blok tersebut telah berjuang untuk menemukan garis umum pada masalah atau mengembangkan postur strategis yang koheren. Salah satu anggota, Kamboja, kadang-kadang bertindak sebagai proxy untuk China dalam forum regional.

Pada bagian itu, anggaran pertahanan yang berkembang adalah tentang prestise. Beberapa analis melihat banyak alasan untuk Thailand untuk dapat mengakuisisi tiga kapal selam. Pembelian tank Leopard-2 oleh Indonesia sempat membuat bingung sejumlah pengamat. Banyak yang melihatnya hanya sebagai upaya untuk mempertahankan status paritas dengan Singapura dan Malaysia, yang juga membanggakan kekuatan tank.

Ada juga unsur bersiap-siap untuk perang. Pasukan Thailand dan Kamboja telah bentrok atas wilayah di sekitar kuil kuno di perbatasan mereka. Kapal patroli Indonesia dan Malaysia telah berhadapan di sebuah ladang minyak yang diperebutkan di Ambalat, Kalimantan, tidak jauh dari tempat pasukan Malaysia memadamkan invasi aneh dari Filipina ke Sabah pada tahun 2013. Singapura khawatir tentang keamanan pasokan air dari tetangga Malaysia.

Asia Tenggara tidak pernah berhenti dari situasi mendidih terhadap ancaman dan persaingan terkait militer. Perbedaannya sekarang adalah bahwa pemerintah yang semakin memiliki dana dan pemasok untuk memenuhi tuntutan mereka.[Asia Nikkie]

  ⚓️ Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...