Rabu, 14 Januari 2015

Inside KRI Banda Aceh

Cerita soal Bahan Bakar dan Logistik selama di Laut KRI Banda Aceh (Foto: Dok detikcom)

H
ari ini, KRI Banda Aceh menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk mengisi bahan bakar. Kapal tersebut sudah 9 hari berada di perairan Karimata dan Laut Jawa untuk mencari dan mengangkat black box AirAsia QZ8501.

Dalam sehari kapal yang mulai beroperasi tahun 2011 itu bisa mengonsumsi 35 ton solar, sedangkan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 720 ton. Jika digunakan secara ekonomis maka bisa menghemat 5 ton bahan bakar.

"Kapasitas 720 ton tapi tidak bisa digunakan semua. Sisakan 10% agar tangki tidak kosong," kata Komandan KRI Banda Aceh, Letkol Laut (p) Arief Budiman di KRI Banda Aceh di Laut Jawa, Rabu (14/1/2015).

Sementara itu, untuk logistik, KRI Banda Aceh mampu menyediakan hingga 3 bulan tanpa belanja lagi. Bahan makanan seperti daging dan sayuran ditempatkan di freshroom.

"Saat kegiatan di Amerika, sanggup bertahan 3 bulan," tandasnya.

Kebutuhan pokok lainnya adalah air tawar. Setidaknya 600 ton air mampu disediakan KRI Banda Aceh. Prioritas penggunaannya untuk minum, makan, dan mandi.

"Kalau untuk mencuci nanti-nanti," pungkas Komandan Kapal.

Selama misi pencarian AirAsia QZ8501, KRI Banda Aceh sudah melakukan pengisian bahan bakar dan logistik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 5 Januari 2014 lalu. Saat ini kapal tersebut dalam perjalanan untuk kembali melakukan bekal ulang di Semarang.(alg/try)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...