Sabtu, 24 September 2016

[Dunia] Pingsan, Pilot F-16 Diselamatkan "Software" Anti-tabrakan

http://assets.kompas.com/data/photo/2016/09/20/1639230Pilot-F-16780x390.jpgIlustrasi Pilot F-16. [goodwp]

Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) merilis video yang selama ini disimpan dan dirahasiakan, terkait kejadian ketika pilot pesawat F-16 milik Arizona Air National Guard pingsan saat di kokpit, tetapi diselamatkan oleh software atau perangkat lunak komputer pesawat.

Komputer Automatic Ground Collision Avoidance System (disingkat G-CAS) itu mencegah pesawat yang sedang jatuh menukik untuk kembali terbang stabil dan lurus.

Video tersebut adalah rekaman head up display (HUD), layar tembus pandang yang menampilkan informasi penerbangan, saat kejadian berlangsung.

Dari informasi-informasi yang ditampilkan di HUD itu, hal-hal yang sedang terjadi bisa diketahui, yakni ketinggian pesawat, kecepatan (airspeed), attitude, arah, dan sebagainya.

 Kronologi 

Dikutip KompasTekno dari Aviation Week, Rabu (21/9/2016), pilot siswa F-16 yang tidak disebut namanya itu sedang melakukan latihan manuver pertempuran dasar (basic maneuver training) dengan instruktur pilot yang terbang dengan F-16 lain.

Siswa tersebut sedang melakukan manuver berguling dan membelok tajam sehingga mengalami kondisi yang disebut dengan "G-induced loss of consciousness" (G-LOC), yaitu kehilangan kesadaran akibat tekanan gaya gravitasi yang melebihi beban yang bisa diterima tubuh.

Menurut catatan telemetri, saat itu, tubuh si pilot mendapat tekanan 8,3G, alias seperti sedang ditindih dengan beban seberat 8,3 kali berat tubuhnya.

Setelah kehilangan kesadaran, kendali jadi tidak terkontrol, dan hidung pesawat mulai menukik tajam dari ketinggian 17.000 kaki di atas permukaan laut, dengan afterburner menyala penuh (full afterburner).

Setelah 22 detik kemudian, hidung jet tempur F-16 itu nyaris mengarah 50 derajat ke bawah dengan kecepatan supersonic.

Dalam rekaman, terdengar instruktur pilot memanggil-manggilnya melalui radio, memintanya untuk melakukan tindakan recovery. "Two, recover!"

Saat itu, ketinggian pesawat sudah berada di 12.320 kaki (lihat informasi ketinggian di arah pukul 03.00 di HUD) dengan kecepatan 587 knots (lihat informasi kecepatan di arah pukul 09.00 HUD).

Dua detik kemudian, masih dalam keadaan tidak sadar, sudut hidung pesawat berada pada arah minus 55 derajat, ketinggian 10.800 kaki, dan kecepatan 613 knots, sang instruktur memanggil-manggilnya kembali, "Two, recover!"

Beberapa detik kemudian, saat instruktur memanggil siswa pilot itu untuk kali ketiga, komputer Auto G-CAS mengambil alih kendali di ketinggian 8.760 kaki dan kecepatan 652 knots, menaikkan hidung pesawat untuk membawanya dalam kondisi level dengan horizon.

Siswa pilot di titik tersebut mulai mendapatkan kesadarannya kembali, dan menarik joystick ke belakang untuk membawa hidung pesawat naik. Tindakan tersebut sesaat meningkatkan gaya G di atas standar recovery G-CAS, yakni dari 5G ke 9,1G (indikator G ada di atas indikator kecepatan atau airspeed).

F-16 milik 162nd Fighter Wing????, Arizona Air National Guard.

Ketinggian pesawat saat recovery berada di 4.370 kaki di atas permukaan laut. Sementara itu, dari dataran bumi, ketinggiannya hanya menyisakan sekitar separuhnya, yakni 2.940 kaki.

Kejadian tersebut, dari hilang kesadaran hingga recovery penuh, berlangsung selama 30 detik. Adapun F-16 tersebut terjun bebas dari ketinggian 17.000 kaki ke sekitar 4.000 kaki hanya dalam waktu sekitar 10 detik.

 Tentang Auto G-CAS 

Auto G-CAS mulai diimplementasikan di jajaran F-16 AU AS sejak 2014. Sistem tersebut dikembangkan secara keroyokan oleh tiga pabrikan aeronautika, Lockheed Martin, NASA, dan dari pihak US Air Force sendiri.

Komputer ini dibuat untuk mengaktifkan manuver anti-tabrakan dengan dataran, jika mendetekasi adanya kemungkinan tabrakan. Diharapkan, kejadian controlled flight into terrain (CFIT) berkurang sebesar 90 persen.

Sistem ini selesai diuji pada 2010 dan dipasang di sejumlah F-16 Block 40/50 pada September 2014, sebagai bagian dari software update.

Bagaimana cara Auto G-CAS bekerja? Komputer ini melakukan penghitungan alur lintasan pesawat dan membandingkannya dengan profil dataran yang ada di database-nya, yakni bukit, gunung, lembah, jurang, dan sebagainya.

Jika prediksi alur lintasan tersebut menabrak profil dataran, yang diindikasikan dengan tanda sevron >< di layar HUD pada detik ke-26 di video, maka sistem recovery otomatis akan mengaktifkan Auto G-CAS.

Ilustrasi Auto G-CAS di pesawat F-16 yang bertujuan menangkal tabrakan dengan dataran.

Manuver menghindari tabrakan ini bisa berupa berguling dan menanjak, yang gerakannya dibatasi sebesar 5G saja, hingga dipastikan tidak ada benturan dengan dataran.

Sistem ini sedang ditingkatkan oleh Skuadron 416 pengujian yang bermarkas di Lanud Edwards. Mereka ingin mengintegrasikan Auto G-CAS dengan Automatic Air Collision Avoidance System (Auto-ACAS).

Diberi nama Automatic Integrated Collision Avoidance System (Auto-ICAS), sistem kombinasi tersebut diharapkan bisa memberikan perlindungan otomatis dari segala aspek, yakni tabrakan dengan daratan dan tabrakan antar-pesawat.

Skuadron 416 juga sedang mengembangkan Hybrid Flight Control Computer yang memungkinkan sistem Auto-ACAS dipasang di F-16 uzur yang masih menggunakan kontrol analog.

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...