Rabu, 21 September 2016

Lima Pesawat F-16 Tiba

Di Magetan Pesawat F16 C/D

L
ima pesawat F-16 yang dihibahkan Amerika Serikat kepada TNI Angkatan Udara telah tiba di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Rabu (21/9/2016).

Lima pesawat tempur F-16 tipe C/D yang dihibahkan sudah di-upgrade dari Blok 25 menjadi Blok 52 yang kemampuannya setara dengan pesawat baru.

"Lima pesawat yang baru datang ini sudah di-upgrade dari blok 25 menjadi blok 52. Kemampuan pesawat yang di-upgrade dengan pesawat baru aviability-nya sama. Hanya kemampuan avioniknya yang berbeda seperti sistem radar dan sistem senjata," jelas Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andyawan MP kepada wartawan seusai menerima lima pesawat F-16 yang diterbangkan lima pilot dari Amerika Serikat di Lanud Iswahjudi, Rabu (21/9/2016) siang.

Hadirnya lima pesawat tempur F-16 hibah dari AS akan menambah kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) pertahanan udara TNI.

Andyawan berharap, kedatangan lima pesawat F-16 ini dapat menambah kekuatan udara dan digunakan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Lima pesawat tempur F-16 itu merupakan bagian dari 24 pesawat yang dihibahkan Amerika Serikat kepada pemerintah Indonesia dalam proyek “Peace Bima Sena II”. Saat ini, sudah ada 14 pesawat tempur F-16 dari AS yang dimiliki TNI AU. Rencananya akan ada dua gelombang pengiriman lagi secara bertahap.

"Saat inI sudah 14 pesawat yang sudah datang dan masih ada dua gelombang lagi. Desember 2017 gelombang yang terakhir, jadi total 24 pesawat," jelasnya.

Ia menyatakan, seharusnya lima pesawat tempur ini datang pada 18 September 2016 lalu. Namun, karena ada beberapa kendala teknis, pesawat ini baru bisa datang hari ini.

Kelima pesawat hibah terdiri dari tiga tipe C dan dua tipe D itu diterbangkan langsung dari Amerika Serikat menuju Indonesia oleh pilot Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pesawat tipe C bernomor seri TS1632 diterbangkan oleh Mayor David Tores, TS1635 oleh Kapten Andi Deadeye Branson, dan TS1639 diterbangkan Mayor Rex Yoga Weber.

Sementara, dua F-16 tipe D bernomor seri TS1621 diterbangkan Letkol Jukian Debo Pacheco dan seri TS 1624 diterbangkan Letkol Gregori Ajak Gaff.

Mereka berangkat dari Amerika via Hawaii pukul 06.00 WIB, lalu melewati Guam dan mendarat di Lanud Iswahjudi pukul 11.00 WIB.

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...