Rabu, 21 September 2016

[RIP] Pesawat Mata-mata Militer AS Jatuh

Satu Pilot Tewas Pesawat mata-mata militer AS, U-2. (Reuters/US Air Force)

Sebuah pesawat mata-mata militer Amerika Serikat (AS) era Perang Dingin yang dijuluki "Dragon Lady" jatuh di California saat latihan. Kedua pilot berhasil dikeluarkan dari pesawat, namun satu di antarnya tewas.

Kecelakaan pesawat mata-mata AS pada Selasa waktu setempat ini memicu kebakaran hutan di California. Media AS melaporkan, pesawat mata-mata U-2 jatuh di Sutter County, sekitar 45 mil sebelah utara Sacramento.

Angkatan Udara AS telah mengkonfirmasi kecelakaan pesawat mata-mata U-2. Angkatan Udara AS membenarkan satu pilot pesawat tewas dan yang lainnya terluka.

Kami dapat mengkonfirmasi (pesawat) U-2 dari Beale AFB telah jatuh di Sutter County, CA (California); dua pilot telah dikeluarkan. Rincian selanjutnya akan tersedia,” kata pihak angkatan udara setempat, melalui akun Twitter-nya, @usafpressdesk, yang dikutip Rabu (21/9/2016).

Pesawat lepas landas dari Beale Air Force Base (AFB), sekitar 18 mil sebelah timur dari Yuba City. Pangkalan udara Beale itu merupakan rumah bagi Air Force's 9th Reconnaissance Wing.

Pesawat mata-mata U-2 pernah diterbangkan oleh CIA selama masa Perang Dingin. Pesawat produksi Lockheed diandalkan untuk misi pengintaian dari ketinggian yang maksimal.

Salah satu pesawat jenis U-2 pernah ditembak jatuh di atas wilayah Uni Soviet—kini Rusia—pada tahun 1960, dan satu lagi juga ditembak jatuh di atas wilayah Kuba selama krisis rudal tahun 1962. (mas)

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...