Jumat, 23 September 2016

[Dunia] Jet Tempur AS Jatuh di Pesisir Okinawa

Ilustrasi. (AFP PHOTO/PHAN SARAH E. ARD)

Jet tempur milik Korps Marinir Amerika Serikat dilaporkan jatuh di dekat pesisir timur Okinawa, Jepang, pada Kamis (22/9).

Armada AV-8B Harrier Jump Jet itu lepas landas dari pangkalan udara Kadena dan jatuh sekitar 153 kilometer dari Hedo Cape.

Penjaga pesisir Jepang pun mengerahkan tim penyelamat sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Dua jam kemudian, mereka mendapatkan laporan bahwa satu orang sudah diselamatkan dari lokasi kecelakaan.

Pilot tersebut ternyata berhasil melontarkan diri dan diselamatkan oleh satu tim dari Angkatan Udara AS.

"Penyebab kecelakaan masih diselidiki," demikian kutipan pernyataan dari Pasukan Ekspedisi Marinir Jepang seperti dikutip CNN.

Meskipun AV-8B Harrier Jump Jet merupakan jenis pesawat dengan kursi tunggal, versi latihan dari armada ini memiliki dua tempat duduk. Belum diketahui apakah ada orang lain dalam pesawat itu.

Okinawa sendiri merupakan markas bagi sebagian besar militer AS di Jepang. Pangkalan udara AS di Okinawa kerap menjadi sumbu gesekan karena kekhawatiran akan keamanan sekitar.

Pada Juni lalu, puluhan ribu warga Okinawa turun ke jalan, meminta penghentian kehadiran AS di pulau tersebut menyusul kasus pembunuhan satu perempuan lokal. (ama)

  CNN  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...