Senin, 25 Juni 2012

Bintang Dua Terbangkan Jupiter

Sripo/Jack
JUPITER — Danlanud Palembang Letkol Pnb Adam Suharto (keempat dari kanan) bersama pilot dan kopilot Tim Aerobik Jupiter TNI AU dari Squadron Pendidik 102 Adi Sucipto Yogyakarta di Base Ops Lanud TNI AU Palembang, Minggu (24/6).

USIA bukanlah halangan untuk seseorang untuk terus berprestasi dan berkarya. Begitu halnya dengan Marsekal Muda TNI R Hari Muljono, Komandan Komando Pendidikan TNI AU. Perwira tinggi bintang dua, ini kemarin menerbangkan salah satu dari tujuh pesawat Tim Aerobik TNI AU Jupiter.

Tim ini landing di Base Ops Lanud Palembang, Minggu (24/6), pukul 13.20. Hari Muljono yang telah berusia 58 tahun, ini tampak masih gagah di antara perwira menengah lainnya, yang sama-sama menerbangkan pesawat jenis KT-1 dari Pangkalan Udara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, selama satu jam lebih ke Palembang.

“Sebelum menerbangkan pesawat hari ini, terakhir saya juga bawa pesawat Senin (18/6) lalu. Saya cuma nyoba bawa dari Halim ke sini aja. Untuk aerobatik ke acara Hari Ulangtahun Thailand saya enggak ikut,” ungkap pria yang telah memiliki catatan 5.000-an jam terbang.

Hari yang didampingi Danlanud Palembang Letkol Pnb Adam Suharto mengatakan, Tim Jupiter dari Squadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta ini berangkat ke Thailand dengan tujuh pesawat Aerobatik Jupiter.

Nantinya, TNI AU juga membawa Air Force Band sebanyak 16 orang sebagai orkestra yang akan tampil di Thailand nanti.

“Enam yang di-display-kan. Satu untuk cadangan. Ada juga dua pesawat Hercules TNI AU untuk dukungan daratnya. Itu komandan yang ikut display-nya Kol Pnb M Khairil Lubis. Saya cuma ngantar dan ngecek kesiapan di Yogya. Rute keberangkatan Jupiter ini dari Yogyakarta, Jakarta, Palembang, Pekanbaru, Medan, lalu menyeberang ke Thailand,” jelas Hari.

Adapun sebanyak 13 personel yang ikut Tim Aerobatik Jupiter ini antara lain Kol Pnb M Khairil Lubis (mission commander), Kol Pnb Anang Nurhadi (supervisor), Letkol Pnb DDedy Susanto (Jupiter 1/flight leader), Mayor Pnb Frando Marpaung (Jupiter 2/right), Kapten Pnb Ign Adi Brata (Jupiter 3/left), Mayor Pnb HS Romas (Jupiter 4/slot), Mayor Pnb HM Kisha (Jupiter 5/lead syncrho),  Mayor Pnb Marcellinus AKD (Jupiter 6/syncrho), Kapten Pnb Agus Dwi M (Jupiter7/narator), Mayor Pnb Urip Widodo (flight controller), Mayor Pnb Moh Sugiyanto (stby left), Kapten Pnb Gusti Nguraah Sorga (stby right), Kapten Pnb Dharma Gultom (dokumentasi).

Sayangnya ketujuh pesawat hanya sejenak mengitari Bandara International SMB II Palembang dan tidak terlihat melakukan flying pass (menyapa).

“Ini mereka hanya mampir ke Palembang. Kita static show di Base Ops Lanud aja. Mereka Senin (25/6) pukul 08.00 sudah mau berangkat lagi melanjutkan perjalanannya,” jelas Danlanud Palembang Letkol Pnb Adam Suharto. (hafiz)(Tribunnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...