Ketika harga pesawat baru meroket ke tingkat belum pernah terjadi sebelumnya, Angkatan Udara Israel (IAF) berhasil mempertahankan pesawat tua dan terus menggunakannya dari tahun ke tahun. Israeli Air Force – F-15I
Pasar pesawat terus menerus makin mahal. Platform dan teknologi terus maju dan mencapai harga yang bagi negara tertentu hanya akan menjadi mimpi untuk memilikinya. Angkatan Udara Israel lebih memilih untuk memperpanjang masa hidup pesawat daripada membeli yang baru. Tentu saja IAF tetap wajib menjaga keselamatan penerbangan dan relevansi operasional pesawatnya yang mungkin secara umur sudah uzur.
Memperluas rentang kehidupan pesawat dan memperbaiki sistem adalah salah satu kemampuan luar biasa IAF yang sejauh ini belum ada negara lain mampu melakukannya. Ketika angkatan udara lain mempensiun sebuah pesawat, IAF masih bisa mengoperasikan pesawat sejenis dalam waktu bertahun-tahun. Anehnya bukannya semakin loyo, pesawat tua itu justru semakin garang. Pesawat-pesawat negara ini seperti selalu muda. Apa rahasianya ?Seperti Anggur Yang Baik Israeli Air Force – F-16I
Proses memperpanjang masa hidup pesawat dan memperbaiki pesawat adalah sistem yang berbeda dan benar-benar teripsah. Dua unit yang bertanggung jawab atas proses ini: yang pertama adalah unit pemeliharaan udara, yang mengkhususkan diri dalam urusan badan pesawat. Yang kedua adalah satuan elektronik, yang berkaitan dengan sistem elektronik pesawat, yang dianggap sebagai jantung dari pesawat.
Proses memperpanjang rentang hidup termasuk perbaikan umum, bertujuan untuk memastikan bahwa pesawat terbang dengan aman selama beberapa tahun lagi. Perawatan ini termasuk pada badan pesawat, komponen mekanik, kepala rotor, dan sistem kabel. Di sisi lain, proses upgrade dilakukan oleh unit kedua. Dalam rangka untuk menyesuaikan pesawat untuk kebutuhan operasional saat ini, unit menginstal sistem militer terbaru di bidang mempersenjatai, bela diri, radar, komunikasi, display dan banyak lagi.
Dengan kata lain, proses pertama adalah ”pengobatan” untuk pesawat untuk memungkinkan untuk tetap hidup, sedangkan proses kedua adalah tentang meningkatkan pesawat untuk membuatnya bekerja lebih baik. Dengan kata lain, pesawat itu sebenarnya seperti anggur. Jika dirawat dengan baik, maka semakin baik juga kinerjanya.Hidup Panjang Dan Makmur Ketika pemerintah Israel membeli pesawat baru, helikopter atau platform lainnya dari produsen, yang biasanya dari AS, ia akan menerima semua informasi yang relevan tentang barang itu. Jet tempur yang dirancang untuk terbang selama 30-40 tahun tanpa perlu perbaikan signifikan, kecuali perawatan rutin dan pemeriksaan.
“Produsen tahu kapan pesawat akan mengalami kerusakan, kelelahan dan ketika bagian dari pesawat menjadi berbahaya untuk digunakan. Tujuan kami adalah untuk memahami perkiraan dan membangun rencana perbaikan untuk memastikan aman penerbangan dan biaya pemeliharaan yang wajar“, kata Kolonel S‘, Komandan Satuan Pemeliharaan Aerial. “Pesawat dan helikopter kami masih memiliki beberapa bagian asli, karena mereka bekerja dengan baik. Kita dapat mengantisipasi korosi, retak dan masalah lain yang disebabkan oleh kelelahan, dan berurusan dengan mereka sebelum mereka menjadi bahaya keamanan“.
Sampai dekade sebelumnya, itu adat untuk melakukan upgrade setelah 15-20 tahun, untuk me-refresh sistem operasional dan memperbaiki masalah keamanan. Hari ini, beberapa pesawat melalui kedua atau babak ketiga, seperti Sikorsky CH-53 helikopter, yang saat ini menjalani perbaikan untuk memungkinkan mereka untuk terbang dengan aman selama bertahun-tahun yang akan datang. Di tahun 90-an, helikopter tersebut mengalami proses yang sama, yang memberi mereka kemampuan untuk terus terbang hingga saat ini. Hal ini, tentu saja, hanya satu contoh dari banyak.Pesawat Tua, Tantangan Baru Israeli Air Force – A-4N
Tantangan yang dihadapi ketika pesawat itu dibeli dengan kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Dan hal ini dipahami sepenuhnya oleh IAF. Agar pesawat yang dibangun empat dekade yang lalu dapat melakukan misi relevan dengan perang modern, perlu peningkatan kemampuan yang signifikan “Tantangan operasional IAF sangat unik dan sistem elektronik canggih, yang sebagian besar eksklusif untuk IAF, memberikan keuntungan yang dibutuhkan”, kata Kolonel A, Komandan Unit Elektronik.
“Bersama dengan banyak upgrade elektronik kita lakukan, dunia elektronik maju dengan cepat dan sistem yang kita instal hari ini mungkin menjadi terlalu menantang atau bahkan tidak relevan besok, dan oleh karena itu unit harus mempertahankan tingkat profesionalismetinggi“.(VIT/JejakTapak)
Pasar pesawat terus menerus makin mahal. Platform dan teknologi terus maju dan mencapai harga yang bagi negara tertentu hanya akan menjadi mimpi untuk memilikinya. Angkatan Udara Israel lebih memilih untuk memperpanjang masa hidup pesawat daripada membeli yang baru. Tentu saja IAF tetap wajib menjaga keselamatan penerbangan dan relevansi operasional pesawatnya yang mungkin secara umur sudah uzur.
Memperluas rentang kehidupan pesawat dan memperbaiki sistem adalah salah satu kemampuan luar biasa IAF yang sejauh ini belum ada negara lain mampu melakukannya. Ketika angkatan udara lain mempensiun sebuah pesawat, IAF masih bisa mengoperasikan pesawat sejenis dalam waktu bertahun-tahun. Anehnya bukannya semakin loyo, pesawat tua itu justru semakin garang. Pesawat-pesawat negara ini seperti selalu muda. Apa rahasianya ?Seperti Anggur Yang Baik Israeli Air Force – F-16I
Proses memperpanjang masa hidup pesawat dan memperbaiki pesawat adalah sistem yang berbeda dan benar-benar teripsah. Dua unit yang bertanggung jawab atas proses ini: yang pertama adalah unit pemeliharaan udara, yang mengkhususkan diri dalam urusan badan pesawat. Yang kedua adalah satuan elektronik, yang berkaitan dengan sistem elektronik pesawat, yang dianggap sebagai jantung dari pesawat.
Proses memperpanjang rentang hidup termasuk perbaikan umum, bertujuan untuk memastikan bahwa pesawat terbang dengan aman selama beberapa tahun lagi. Perawatan ini termasuk pada badan pesawat, komponen mekanik, kepala rotor, dan sistem kabel. Di sisi lain, proses upgrade dilakukan oleh unit kedua. Dalam rangka untuk menyesuaikan pesawat untuk kebutuhan operasional saat ini, unit menginstal sistem militer terbaru di bidang mempersenjatai, bela diri, radar, komunikasi, display dan banyak lagi.
Dengan kata lain, proses pertama adalah ”pengobatan” untuk pesawat untuk memungkinkan untuk tetap hidup, sedangkan proses kedua adalah tentang meningkatkan pesawat untuk membuatnya bekerja lebih baik. Dengan kata lain, pesawat itu sebenarnya seperti anggur. Jika dirawat dengan baik, maka semakin baik juga kinerjanya.Hidup Panjang Dan Makmur Ketika pemerintah Israel membeli pesawat baru, helikopter atau platform lainnya dari produsen, yang biasanya dari AS, ia akan menerima semua informasi yang relevan tentang barang itu. Jet tempur yang dirancang untuk terbang selama 30-40 tahun tanpa perlu perbaikan signifikan, kecuali perawatan rutin dan pemeriksaan.
“Produsen tahu kapan pesawat akan mengalami kerusakan, kelelahan dan ketika bagian dari pesawat menjadi berbahaya untuk digunakan. Tujuan kami adalah untuk memahami perkiraan dan membangun rencana perbaikan untuk memastikan aman penerbangan dan biaya pemeliharaan yang wajar“, kata Kolonel S‘, Komandan Satuan Pemeliharaan Aerial. “Pesawat dan helikopter kami masih memiliki beberapa bagian asli, karena mereka bekerja dengan baik. Kita dapat mengantisipasi korosi, retak dan masalah lain yang disebabkan oleh kelelahan, dan berurusan dengan mereka sebelum mereka menjadi bahaya keamanan“.
Sampai dekade sebelumnya, itu adat untuk melakukan upgrade setelah 15-20 tahun, untuk me-refresh sistem operasional dan memperbaiki masalah keamanan. Hari ini, beberapa pesawat melalui kedua atau babak ketiga, seperti Sikorsky CH-53 helikopter, yang saat ini menjalani perbaikan untuk memungkinkan mereka untuk terbang dengan aman selama bertahun-tahun yang akan datang. Di tahun 90-an, helikopter tersebut mengalami proses yang sama, yang memberi mereka kemampuan untuk terus terbang hingga saat ini. Hal ini, tentu saja, hanya satu contoh dari banyak.Pesawat Tua, Tantangan Baru Israeli Air Force – A-4N
Tantangan yang dihadapi ketika pesawat itu dibeli dengan kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Dan hal ini dipahami sepenuhnya oleh IAF. Agar pesawat yang dibangun empat dekade yang lalu dapat melakukan misi relevan dengan perang modern, perlu peningkatan kemampuan yang signifikan “Tantangan operasional IAF sangat unik dan sistem elektronik canggih, yang sebagian besar eksklusif untuk IAF, memberikan keuntungan yang dibutuhkan”, kata Kolonel A, Komandan Unit Elektronik.
“Bersama dengan banyak upgrade elektronik kita lakukan, dunia elektronik maju dengan cepat dan sistem yang kita instal hari ini mungkin menjadi terlalu menantang atau bahkan tidak relevan besok, dan oleh karena itu unit harus mempertahankan tingkat profesionalismetinggi“.(VIT/JejakTapak)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.