Selasa, 11 Agustus 2015

[World] Gedung Konsulat AS di Istanbul Diserang

Tak berselang lama dari serangan bom mobil di kantor polisi, dua penyerang menembaki gedung konsulat Amerika Serikat di Istanbul, Turki. (Reuters/Huseyin Aldemir)

Dua penyerang menembaki gedung konsulat Amerika Serikat di Istanbul, Turki pada Senin (10/8). Serangan ini terjadi setelah bom mobil meledak di kantor polisi semalam, yang menyebabkan 10 orang terluka.

Dilaporkan Reuters, berbagai serangan ini terjadi beberapa minggu setelah Turki melancarkan peperangan melawan terorisme. Setelah adanya insiden tersebut, polisi bersenjata dengan senapan otomatis mengepung jalanan di sekitar gedung konsulat AS di distrik Sariyer di sisi Eropa kota tersebut.

Media lokal melaporkan bahwa kedua penyerang, yaitu seorang pria dan seorang wanita, melarikan diri setelah polisi melepaskan tembakan balasan. Meski demikian, belum ada laporan terkait jumlah warga yang cedera.

NTV melaporkan bahwa polisi telah menangkap seorang tersangka wanita, yang terluka dalam penembakan tersebut.

Pada Ahad (9/8), serangan bom terjadi di kantor polisi di wilayah Sultanbeyli, pada Minggu (9/8). Tiga polisi dan tujuh warga sipil terluka dalam serangan tersebut.

CNN Turki melaporkan bahwa dua polisi dan seorang petugas keamanan senior dari tim penjinak bom yang bergegas ke tempat kejadian, tewas dalam baku tembak yang berlanjut hingga Senin pagi di distrik Bosphorus, wilayah Asia negara tersebut.

Turki berada di dalam keadaan siaga semenjak mengumumkan peperangan terhadap terorisme bulan lalu, termasuk melancarkan serangan udara terhadap ISIS di Suriah dan terhadap militan Kurdi di Irak utara. Selain itu, ratusan tersangka militan di Turki ditahan.

Sementara, misi diplomatik Amerika Serikat telah ditargetkan di Turki sejak masa lalu.

Kelompok Front Militer Pembebasan Rakyat Revolusioner, atau DHKP-C, yang sejumlah anggotanya ditahan selama beberapa pekan terakhir, mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di Kedutaan Besar AS di Ankara pada 2013. Serangan tersebut menewaskan seorang petugas keamanan Turki. (ama/ama)


  ☠ CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...