Minggu, 25 Januari 2015

AS Siap Bicarakan Pembelian Helikopter Apache dan F-16

F16

Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat untuk Keamanan Asia dan Pasifik David B Shear mengaku siap dan bersemangat membicarakan pembelian Helikopter AH-64D Apache Longbow dan pesawat tempur F-16.

Dia mengatakan kemitraan pertahanan AS dan Indonesia sangat komprehensif. Kemitraan tersebut meliputi latihan gabungan, pelatihan, perdagangan pertahanan, peperangan dan pertemuan.

"Sebagian dari itu adalah bidang penjualan militer dan perlengkapan. Saya tidak tahu detil kesepakatan Apache dan F-16, tapi kami siap dan bersemangat membicarakan kesempatan itu," ujar Shear dalam kunjungannya ke Indonesia, Jumat (23/1).

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pengadaan helikopter AH-64D Apache Longbow sudah masuk ke dalam rencana strategis (Renstra) II pada 2015-2019. Moeldoko juga menyinggung bakal terjadi pergantian pesawat F-5 Tiger milik TNI AU. Menurut dia, jet tempur buatan negeri Paman Sam itu sudah tidak layak pakai lantaran teknologinya sudah ketinggalan zaman.

Moeldoko menyatakan terdapat tiga opsi sebagai pengganti F-5 Tiger, yaitu pesawat buatan Rusia, Swedia, dan AS. Dia menambahkan Sukhoi Su-35 menjadi pilihan pertama, Saab JAS 39 Gripen pilihan kedua, dan pesawat F-16 pilihan ketiga.

  ♆ Republika  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...