Selasa, 27 Januari 2015

[World] Pangkalan Teluk Sepangar Akan Dilengkapi Alutsista Pertahanan Udara

Pangkalan Sepangar [google]

Untuk menangkal ancaman dimasa depan, Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (TLDM) di Teluk Sepanggar akan dilengkapi dengan sistem pertahanan udara canggih.

Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan langkah itu sejalan dengan perkembangan teknologi yang cepat dan kebutuhan TLDM untuk menangani skenario saat ini di Laut Cina Selatan dan perairan Sabah timur.

"Dalam konteks ini, bertujuan untuk memastikan basis kami aman. Apapun sistem pertahanan, itu akan ditentukan kemudian," katanya kepada wartawan setelah mengunjungi dan memeriksa perkembangan pangkalan TLDM Kota Kinabalu di Teluk Sepanggar.

Dia mengatakan rencana itu salah satu upaya untuk meningkatkan basis komprehensif terhadap ancaman apapun, terutama di perairan negara.

Namun, ia mengatakan setiap upgrade dan aset pertahanan nasional tambahan akan tergantung pada kemampuan ekonomi negara, situasi politik dan ancaman potensial.

Selain itu, Hishammuddin mengatakan infrastruktur kapal selam Scorpene sedang dibangun telah rampung 12 persen dan sesuai dengan jadwal.

Dia mengatakan infrastruktur, meliputi pembangunan tiga workshop utama untuk pemeliharaan peralatan selam dan penyimpanan, yang diharapkan dapat mengurangi biaya pemeliharaan dua kapal selam negara, KD Tunku Abdul Rahman dan KD Tun Razak.

"Akan ada perawatan berkala untuk memastikan kapal selam dapat beroperasi dengan maksimal 35 tahun, yang akan dilakukan oleh pemerintah dengan kerjasama Boustead DCNS Naval Corporation Sdn Bhd," katanya.

Pangkalan TLDM Kota Kinabalu, dibangun pada tahun 2001 terdiri dari markas Angkatan Laut Wilayah II dan markas pangkalan kapal selam dan tempat latihan tahunan melalui kerjasama yang erat dengan Brunei dan Filipina.

Pangkalan Kapal Selam ini juga menyiapkan tempat berlabuh untuk beberapa kapal asing dari Amerika Serikat, Australia, Brunei, Perancis, Jepang, Singapura dan India.

Hishamuddin menyimpulkan kunjungan tiga hari kerja ke Sabah untuk melihat ke dalam kesiapan aparat keamanan khususnya di Zona Keamanan Timur Sabah (ESSZone).[Bernama]

  ⚓️ Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...