Minggu, 07 Juni 2015

[World] China Mulai Mendekati Malaysia

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/06/haijing.jpgHaijing 1123 ☆

Sebuah kapal penjaga pantai China telah dituduh melanggar batas wilayah perairan Malaysia di Laut China Selatan. Borneo Post Malaysia Jumat 5 Juni 2015 melaporkan Rabu bahwa kapal China Coast Guard telah terdeteksi melanggar batas perairan sekitar Luconia Shoals, yang dikelola oleh Malaysia tetapi juga diklaim oleh China dan Taiwan. Kapal tersebut telah berlabuh di daerah selama sekitar dua tahun.

Datuk Seri Shahidan Kassim, seorang pejabat di departemen perdana menteri Malaysia, mengatakan mereka telah mengirim kapal dari Royal Navy Malaysia dan Badan Penegakan Maritim Malaysia untuk memantau daerah sekitar “untuk memastikan kedaulatan negara.”

Dia menambahkan bahwa daerah itu milik Malaysia dan pemerintah akan melakukan apa pun untuk melindungi dan membela perairan Malaysia di Laut China Selatan.

Guancha Syndicate yang berbasis di Shanghai telah mengidentifikasi kapal China tersebut adalah kapal patroli Haijing 1123 dan telah terlibat dalam “konfrontasi” dengan kapal maritim Malaysia di dekat Qiongtai Jiao – atau Luconia Breakers – dari Luconia Shoals, yang merupakan bagian dari wilayah yang diklaim China dan Malaysia.

Qiongtai Jiao, yang berada di bagian tengah dari Luconia Shoals, memiliki panjang sekitar 170 meter dan lebar 20 meter. Guancha melaporkan bahwa daerah yang berupa karang tersebut merupakan salah satu wilayah selatan China.

  Jejak Tapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...