Kamis, 17 September 2015

[World] Jepang Protes Wilayahnya Diterobos 4 Jet Tempur Rusia

http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/09/16/40/1045242/jepang-protes-wilayahnya-diterobos-4-jet-tempur-rusia-foI.jpgJepang protes setelah empat jet tempur yang diyakini milik Rusia menerobos wilayahnya. (Ilustrasi) 

Tokyo pada Rabu (16/9/2015) resmi mengajukan protes terhadap Moskow setelah empat pesawat jet tempur yang diyakini milik Rusia menerobos wilayah udara Jepang. Aksi empat pesawat tempur itu terjadi kemarin sore.

Protes disampaikan Kementerian Luar Negeri Jepang melalui Kedutaan Besar Rusia di Tokyo. Menurut kementerian itu pesawat-pesawat tempur asing telah memasuki wilayah udara Jepang di lepas pantai Hokkaido utara, di dekat gugusan pulau yang disengketakan.

Kami mengajukan protes melalui kedutaan Rusia di Tokyo,” kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang kepada AFP. ”Pihak Rusia tidak mengkonfirmasi kasus ini, dan hanya mengatakan bahwa mereka akan memeriksanya.

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, empat pesawat asing yang diyakini milik Rusia itu dicegat pesawat-pesawat Angkatan Udara Jepang.

Jika aksi empat pesawat tempur itu dikonfirmasi Rusia, maka ini akan jadi yang pertama kalinya pesawat Rusia memasuki wilayah udara Jepang sejak Agustus 2013. Sebelumnya, dua pesawat pembom strategis Tu-95 Rusia dicegat pesawat-pesawat tempur Jepang di atas lepas pantai barat daya Kepulauan Okinoshima.

Masih menurut kementerian itu, empat pesawat jet tempur asing itu selama 16 detik usai memasuki wilayah udara Jepang bergerak menuju gugusan pulau Kuril. Pulau sengketa yang diklaim oleh Jepang dan Rusia. Pasukan Rusia (sebelumnya Soviet) merebut kepulauan itu setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II. (mas)

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...