Kamis, 04 Agustus 2016

Latihan Bersama Dengan Angkatan laut Amerika Serikat Diikuti 500 Pelaut

CARAT 2016 IMG_20160803_122003Pembukaan latihan bilateral angkatan laut Amerika Serikat dan Indonesia Cooperation Afloat and Training-Carat ke 22 Resmi dibuka di Makoarmatim Tanjung Perak Surabaya.

Amerika Serikat menurunkan dua kapal perang jenis logistik dan pesawat tercanggihnya. Diharapkan latihan bersama ini bisa mengembangkan kemitraan kedua negara.

Pembukaan latihan Carat ke 22 antara Angkatan Laut Indonesia dengan Amerika Serikat ini dibuka secara resmi di Puslatkaprang Makoarmarim Ujung, Surabaya.

Pembukaan sendiri dilakukan komandan kelompok logistik Pasifik Barat Angkatan Laut Smerika Serikat dan Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, Kepala Staf Koarmatim.

Latihan Carat yang dilakukan pada tangal 3 sampai 8 Agustus 2016 ini sendiri akan diikuti lebih dari 500 pelaut Amerika Serikat dan TNI Angkatan Laut dari Indonesia

Latihan bersama akan difouskan pada pelatihan diluat, pertempuran kapal selam, pelatihan penanggulangan teroris atau perompakan diatas kapal, penyelaman, dan persenjataan sampai dengan pertukaran teknisi pembuangan senjata ledak,” terang Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, Kepala Staf Koarmatim.

Pada pelatihan Carat kali ini Angkatan Laut Amerika Serikat akan didukung oleh satu pesawat maritim multi misi, modifikasi dari pesawat Boeing 737-800 ERX dan ditambah dengan sensor canggih serta dua kapal jenis ekspedisi cepat EPF.

Kapal berbentuk catamaran yang terbuat dari aluminium ini dirancang untuk bisa beroperasi diperairan dangkal untuk memudahkan pengengkutan personil dan kargo. Termasuk mendukung operasi global melawan terorisme. Diharapkan latihan bersama ini bisa mengembangkan kemitraan kedua negara.

Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, Kasarmatim mengatakan dengan latihan bersama ini Angkatan laut AS dan Indonesia bisa meningkatkan kemitraan kelautan.

Amerika Serikat dan Indonesia memiliki visi bersama untuk menjaga kawasan laut yang damai dan sejahtera,” ujarnya, usai membuka Carat yang ke 22.

  ★ surabayanews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...