Senin, 01 Agustus 2016

Ratusan Marinir Amerika Mendarat di Surabaya

Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 https://3.bp.blogspot.com/-xCgYANLdTzI/V59CZsfEe2I/AAAAAAAAIsU/glhz96RLcAMsNU3qvbtWNHEMrWxuxrOgACLcB/s1600/antarafoto-kapal-perang-usns-millinocket-010816-ds-1.jpgKapal Perang Amerika USNS Millinocket (antara)

Kapal Perang Amerika USNS Millinocket yang merupakan satu dari dua kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat tiba dan merapat di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya, Senin (01/08) pukul 09.55 WIB.

"Kedatangan kapal perang AS itu dalam rangka mengikuti Latihan Bersama bersandi 'Cooperation Afloat Readiness and Training' (CARAT) 2016. Kedatangannya disambut oleh Tim Merplug Lantamal V," kata Kepala Dispen Lantamal V Mayor Rohman Arif, Senin (01/08/2016).

Sejumlah pejabat juga tampak hadir menyambut kedatangannya, di antaranya Asisten Operasi (Asops) Danlantamal V Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi, Kepala Dinas Syahbandar Angkatan Laut (Kadissyahal) Lantamal V Letkol Laut (P) Hardjo Sasmito, dan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal V,Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko.

Rencananya, kapal perang AS (USNS Millinocket) itu berada di Surabaya pada 1-3 Agustus 2016 sebagai bagian dari pelaksanaan latihan bersama antara US Navy dengan TNI AL yang bersandi CARAT 2016. Latihan di Puslat Kaprang (Pusat Latihan Kapal Perang) Koarmatim itu dibuka 2 Agustus 2016.

USNS Millinocket merupakan kapal perang jenis Spearhead-Ekspedisi Transportasi Cepat adalah buatan Austal US. Diluncurkan pada 5 Juni 2013, kapal ini memiliki panjang 103 m, dan lebar 28,5 m dengan kecepatan jelajah 43 knot (80 km/h;49 mph).

Kapal perang itu dikomandani oleh Captain (N) Erwin F.Lao dengan kapasitas mengangkut pasukan marinir sebanyak 312 personel dan 41 awak kapal.

Selain USNS Millinocket, kapal perang lainnya yakni USNS Salvor yang dijadwalkan tiba pada 2 Agustus 2016 di Pelabuhan Tanjuk Perak. USNS Salvor merupakan kapal dari Safeguard Class-atau kapal penyelamatan yang berpangkalan di Pearl Harbor.

USNS Salvor yang dikomandani Captain (N) Jason F Kennedy bernomor lambung 52 itu memiliki panjang 78 m, dan lebar 16 m, serta kecepatan 15 knot. Kapal perang ini dilengkapi dengan persenjataan berupa 2x Mk 38 25 mm senjata rantai, dan 2x 0,50 kal senapan mesin.

Selama berada di Kota Pahlawan, kedua kapal perang tersebut akan mengikuti beragam kegiatan, diantaranya menggelar Tur Media ke USNS Millinocket, lalu "Community Service" (Sport Day dan Band) di SMA Barunawati Surabaya dan Konjen AS di Surabaya.

"Lantamal V mendukung penuh pelaksanaan Latma CARAT 2016 melalui fasilitas labuh yang dimiliki oleh Lantamal V," kata Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi.

  ♚ Rimanews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...