Sabtu, 20 Juni 2015

MoU Kerjasama Pertahanan RI – Italia Perlu Segera Diimplementasikan

Duta Besar Italia untuk Indonesia yang menemui Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menekankan pentingnya mengimplementasikan MoU pertahanan antara Indonesia dan Italia.

Sampai saat ini MoU pertahanan Indonesia dan Italia telah ditandatangani sejak tahun 1997 dan disahkan pada tahun 2013 belum diimplementasikan dalam bentuk kerjasama pertahanan bilateral. Hal itu mengemuka dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Jumat (19/6) dan Duta Besar Republik Italia HE Federico Failla di Kantor Kemhan, Jakarta.

Dubes Italia mengusulkan diadakannya joint bilateral committee meeting untuk membahas kerjasama pertahanan yang dapat dilakukan oleh kedua negara.

Dan berharap joint committee ini dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Menhan menyetujui dilaksanakannya joint bilateral meeting yang pertama di Roma, Italia pada akhir tahun 2015 dan berharap dapat melakukan kerjasama pertahanan demi peningkatan kemampuan SDM Pertahanan Indonesia. Pemerintah Italia juga sangat tertarik untuk bekerja sama dalam bidang keamanan maritim sebagai salah satu fokus pemerintah saat ini.

Sebagai sesama negara maritim, Indonesia dan Italia banyak memiliki kesamaan tantangan yang dihadapi berhubungan dengan wilayah laut seperti illegal fishing dan kejahatan trans-nasional. Pemerintah Italia juga menawarkan kerjasama antara Bakamla dengan Coast Guard Italia.

  DMC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...