Minggu, 14 Desember 2014

[World] AS akan Kerahkan Robot Ikan Mata-mata ke Wilayah Musuh

http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2014/12/13/42/936900/as-akan-kerahkan-robot-ikan-mata-mata-ke-wilayah-musuh-mxj.jpgRobot ikan mata-mata yang dikembangkan AS untuk menyusup ke wilayah musuh. | (US Navy)

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan robot ikan mata-mata ke wilayah musuh. Robot ikan mata-mata itu saat ini sedang diuji coba.

Rencananya, robot mirip ikan tuna biru itu akan beroperasi tahun depan. Selain akan menyusup ke wilayah perairan musuh, robot itu juga bertugas melaporkan pegerakan kapal musuh AS.

Robot ikan mata-mata itu dijuluki “Perenang Hantu”. Robot itu dirancang untuk siap dalam berbagai kondisi medan dan bergerak cepat layaknya ikan nyata.

”Ini merupakan upaya untuk mengambil evolusi ribuan tahun dari apa yang sejak awal telah disempurnakan, dan mencoba untuk memasukkannya kedalam perangkat mekanik,” kata Kapten Jerry Lademan, seorang marinir AS berusia 27 tahun yang memimpin proyek ini.

Robot mata-mata yang juga disebut “ikan biometrik” ini dikendalikan oleh stick video game yang trendi. Robot itu akan membawa kamera dan perangkat Angkatan Laut AS lainnya ketika menjalankan misi ke wilayah musuh.

”Pertama kali saya melihatnya, saya pikir itu adalah ikan hidup,” ujar Lademan, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (13/12/2014).”Ini terlihat hidup. Ini gila.”

Tak hanya jadi mata-mata “ikan biometrik” ini juga dapat digunakan untuk mencari ranjau laut, memeriksa lambung kapal jika mengalami kerusakan dan tugas berbahaya lain yang sebelumnya dilakukan manusia.(mas)

  ★ sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...