Minggu, 14 Desember 2014

[World] Inggris akui minta laporan interogasi CIA 'disunting'

Kantor perdana menteri Inggris menegaskan tidak ada satu pun dari informasi yang diminta Inggris untuk dicoret dari laporan mengenai interogasi CIA berkaitan dengan pernyataan bahwa Inggris terlibat dalam perlakuan buruk terhadap tahanan. http://ichef.bbci.co.uk/news/ws/660/amz/worldservice/live/assets/images/2014/12/12/141212150321_mi6_640x360_bbc.jpgGedung badan intelijen Inggris MI6 di wilayah Vauxhall, London.

Downing Street -sebutan untuk kantor PM Inggris- membenarkan bahwa badan intelijen Inggris berbicara dengan rekannya di Amerika Serikat untuk meminta laporan itu disunting sebelum Senat AS menerbitkannya.

Namun para perjabat mengatakan permintaan itu dibuat dengan alasan keamanan nasional, bukan untuk menghapus klaim adanya "penyiksaan atau pengiriman tersangka terorisme ke negara lain" untuk diinterogasi.

Para senator Amerika menemukan bahwa CIA menggunakan taktik-taktik yang brutal.

Laporan yang diterbitkan untuk mempelajari perlakuan terhadap tahanan pada tahun-tahun setelah serangan 9 September 2001 ini tidak menyebut-nyebut tentang badan-badan Inggris.

Pemerintah Inggris mengatakan permintaan untuk melakukan penyuntingan itu datang dari badan intelijen Inggris MI6 kepada CIA.

Permintaan itu dibuat untuk melindungi sumber dan alasan keamanan lainnya, kata Downing Street setelah sebelumnya mengatakan tidak pernah meminta untuk menyunting laporan itu.

  ★ BBC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...