Minggu, 10 Desember 2023

[Global] AS Kaki Tangan Kejahatan Genosida Israel

Pakai Hak Veto di DK PBBTiap hari Israel membom Gaza, membunuh rakyat Palestina yang selalu dianggap sebagai tempat Hamas tanpa bukti yang jelas.  (Arsip Istimewa)  😡

Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Sabtu (9/12/2023) mengecam Amerika Serikat (AS) karena menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Abbas menggambarkan tindakan AS tersebut tidak bermoral. Dia meminta pertanggungjawaban Washington atas darah anak-anak dan perempuan Palestina, serta sebagai kaki tangan Israel dalam kejahatan genosida.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan, “Presiden Abbas mengutuk penggunaan hak veto AS di Dewan Keamanan, dan menyebut sikap AS sebagai agresif dan tidak bermoral, sebuah pelanggaran terang-terangan terhadap semua nilai dan prinsip kemanusiaan.

Presiden Abbas meminta AS bertanggung jawab atas darah anak-anak, wanita, dan orang tua Palestina di Gaza di tangan pasukan pendudukan, dan menghubungkan hal ini dengan dukungan AS yang memalukan terhadap pendudukan dan agresi brutal Israel terhadap rakyat Palestina,” ungkap laporan itu.

Dia menggarisbawahi, “Palestina akan mengambil sikap tegas terhadap semua tindakan ini, dengan menegaskan kebijakan AS menjadikannya kaki tangan dalam kejahatan genosida, pembersihan etnis, dan kejahatan perang yang dilakukan pasukan Israel terhadap warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem.

Pada hari Jumat, AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera untuk menghentikan pertumpahan darah di Jalur Gaza, karena jumlah korban tewas terus meningkat.

Teks resolusi tersebut, yang disponsori bersama oleh hampir 100 negara anggota PBB, mendapat dukungan dari 13 anggota Dewan Keamanan PBB. Inggris, yang juga merupakan anggota tetap dewan dengan hak veto, abstain.

Ini adalah kedua kalinya Washington menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Gaza.

Contoh pertama terjadi pada November ketika Amerika memveto resolusi yang diusulkan Brasil yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di wilayah kantong yang terkepung.

Negara-negara Arab dan Islam mengkritik AS karena menggunakan hak vetonya terhadap resolusi tersebut.

Menurut kantor berita Wafa, presiden Palestina memperingatkan, “Kebijakan Amerika terhadap Israel telah menjadi bahaya bagi dunia dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

Presiden Palestina mendesak komunitas internasional untuk “mencari solusi untuk mengakhiri perang genosida Israel di wilayah pendudukan Palestina, khususnya di Gaza, sebelum krisis berbahaya ini meningkat menjadi perang agama yang mengancam seluruh dunia.

Sejak 7 Oktober, tentara Israel telah melancarkan perang dahsyat di Jalur Gaza, menewaskan 17.700 orang, 70% di antaranya adalah anak-anak dan perempuan, serta melukai 48.780 lainnya.

Selain itu, serangan brutal Israel menyebabkan kerusakan infrastruktur besar-besaran, yang digambarkan pejabat Palestina sebagai bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. (sya)

 Standar Ganda! Reaksi Dunia
Rakyat Palestina ditangkap tanpa kejelasan nasibnya, karena dianggap anggota Hamas (Istimewa) 👺

Para pemimpin dunia, kelompok hak asasi manusia internasional dan pejabat PBB ramai-ramai mengkritik Amerika Serikat (AS) karena memveto resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza.

Kebijakan AS itu membuat upaya dunia internasional untuk menghentikan perang yang telah menewaskan lebih dari 17.400 warga Palestina sejak 7 Oktober gagal.

Sebuah resolusi PBB mengenai jeda permusuhan gagal disahkan pada hari Jumat di Dewan Keamanan PBB setelah AS memveto proposal tersebut dan Inggris memilih untuk abstain.

Sisanya, 13 dari 15 anggota DK PBB saat ini memberikan suara mendukung resolusi yang diajukan oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan disponsori bersama oleh 100 negara lainnya.

Berikut beberapa reaksi dunia internasional yang disitir dari Al Jazeera, Minggu (10/12/2023).

  Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan veto AS membuatnya “terlibat” dalam kejahatan perang di Gaza.

Presiden telah menggambarkan sikap Amerika sebagai tindakan yang agresif dan tidak bermoral, sebuah pelanggaran terang-terangan terhadap semua prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan, dan menganggap Amerika Serikat bertanggung jawab atas pertumpahan darah anak-anak, wanita, dan orang lanjut usia Palestina di Jalur Gaza,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan kantor presiden Palestina.

Sedangkan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh mengatakan veto tersebut adalah aib dan sebuah cek kosong yang diberikan kepada negara pendudukan untuk melakukan pembantaian, penghancuran dan penggusuran.

Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan kepada DK PBB bahwa hasil pemungutan suara tersebut bencana.

Jika Anda menentang kehancuran dan pengungsian rakyat Palestina, Anda harus menentang perang ini. Dan jika Anda mendukungnya maka Anda memungkinkan terjadinya penghancuran dan pengungsian ini, apapun niat Anda… Jutaan nyawa warga Palestina berada dalam bahaya. Masing-masing dari mereka adalah suci, layak diselamatkan,” ucapnya.

Sementara itu Hamas mengecam keras veto AS, dengan mengatakan pihaknya menganggap tindakan Washington tidak etis dan tidak manusiawi.

Hambatan AS terhadap dikeluarkannya resolusi gencatan senjata adalah partisipasi langsung pendudukan dalam membunuh rakyat kami dan melakukan lebih banyak pembantaian dan pembersihan etnis,” kata Izzat al-Risheq, anggota biro politik Hamas, dalam sebuah pernyataan.

  Israel

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan tidak berpidato di depan DK PBB setelah pemungutan suara tersebut, namun dalam sebuah pernyataan mengatakan: “Gencatan senjata hanya akan mungkin terjadi jika semua sandera kembali dan Hamas hancur.

  Amerika Serikat

Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood mengatakan kepada DK PBB bahwa rancangan resolusi tersebut merupakan rancangan resolusi yang terburu-buru dan tidak seimbang yang tidak sesuai dengan kenyataan, yang tidak akan membawa kemajuan dalam hal yang konkret.

Kami tidak mendukung seruan resolusi untuk gencatan senjata yang tidak berkelanjutan yang hanya akan menjadi bibit bagi perang berikutnya,” katanya.

  Amnesty Internasional

Sekretaris Jenderal Amnesty Internasional, Agnes Callamard, mengatakan di X bahwa veto AS menunjukkan ketidakpedulian yang tidak berperasaan terhadap penderitaan warga sipil dalam menghadapi jumlah korban jiwa yang sangat besar.

"Washington dengan berani menggunakan dan mempersenjatai hak vetonya untuk memperkuat Dewan Keamanan PBB, yang semakin melemahkan kredibilitas dan kemampuannya untuk memenuhi mandatnya untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional,” begitu bunyi pernyatan Callamard.

  Doctors Without Border

Dengan memveto resolusi ini, AS berdiri sendiri dalam memberikan suara menentang kemanusiaan. Hak veto AS sangat kontras dengan nilai-nilai yang mereka anut. Dengan terus memberikan perlindungan diplomatik atas kekejaman yang sedang terjadi di Gaza, AS memberi isyarat bahwa hukum humaniter internasional dapat diterapkan secara selektif – dan bahwa nyawa sebagian orang tidak terlalu berarti dibandingkan nyawa orang lain…. Veto AS menjadikannya terlibat dalam pembantaian di Gaza,” kata Direktur Eksekutif Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) AS, Avril Benoit.

  Human Rights Watch

Kelompok hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch (HRW), mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: “Dengan terus memberikan senjata (dan) perlindungan diplomatik kepada Israel ketika mereka melakukan kekejaman, termasuk menghukum secara kolektif penduduk sipil Palestina di Gaza, AS berisiko terlibat dalam kejahatan perang.

Diposting di X, mantan direktur eksekutif HRW, Kenneth Roth, mengatakan: “Pemerintah AS memveto seruan Dewan Keamanan PBB untuk gencatan senjata di Gaza. AS memuji hak Israel untuk mempertahankan diri dari Hamas, tetapi apakah Biden benar-benar berpikir bahwa memukul warga sipil Palestina di Gaza adalah tindakan yang tepat? Atau membangun Hamas berikutnya?

  Inggris

Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward mengatakan negaranya abstain karena resolusi tersebut tidak mengecam Hamas.

Israel harus mampu mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh Hamas dan harus melakukannya dengan cara yang mematuhi hukum kemanusiaan internasional sehingga serangan seperti itu tidak akan terjadi lagi,” katanya kepada DK PBB.

  Uni Emirat Arab

Wakil Duta Besar UEA untuk PBB Mohamed Abushahab bertanya kepada DK PBB: “Apa pesan yang kami kirimkan kepada warga Palestina jika kami tidak dapat bersatu mendukung seruan untuk menghentikan pemboman tanpa henti di Gaza? Sebenarnya, pesan apa yang kami sampaikan kepada warga sipil di seluruh dunia yang mungkin mengalami situasi serupa?

  Iran

Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian memperingatkan ancaman “ledakan tak terkendali” terhadap situasi di Timur Tengah, setelah AS memveto, kantor berita AFP melaporkan.

Selama Amerika mendukung kejahatan rezim Zionis (Israel) dan kelanjutan perang… ada kemungkinan terjadinya ledakan yang tidak terkendali dalam situasi di kawasan ini,” kata Amirabdollahian kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui panggilan telepon, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran.

  China

Perwakilan tetap China di PBB, Zhang Jun, mengatakan kepada DK PBB: “Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil mengaku peduli terhadap kehidupan dan keselamatan orang-orang di Gaza adalah tindakan yang kontradiktif. Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil menganjurkan pencegahan dampak lanjutan dari konflik adalah tindakan yang menipu diri sendiri. Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil menyebutkan perlindungan perempuan dan anak-anak serta hak asasi manusia adalah sebuah tindakan munafik. Semua ini sekali lagi menunjukkan kepada kita apa itu standar ganda.

  Rusia

Duta Besar Rusia untuk PBB, Dmitry Polyanskiy, mengatakan: “Rekan-rekan kami dari AS benar-benar di depan mata kami telah menjatuhkan hukuman mati kepada ribuan, bahkan puluhan ribu warga sipil di Palestina dan Israel.

  Prancis

Duta Besar Prancis untuk PBB, Nicolas de Riviere, mengatakan di DK PBB: “Sayangnya sekali lagi dewan ini gagal karena kurangnya persatuan, dan dengan menolak melakukan negosiasi, krisis di Gaza semakin buruk dan dewan tidak menyelesaikan mandatnya berdasarkan piagam.

  Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mempertanyakan apakah keadilan dapat dicapai setelah seruan gencatan senjata ditolak.

Pemerintahan Israel, yang mendapat dukungan tak tergoyahkan dari negara-negara Barat, melakukan kekejaman dan pembantaian yang mematikan di Gaza yang akan membuat semua umat manusia tersipu… Dunia yang adil mungkin terjadi, tetapi tidak dengan Amerika, karena Amerika memihak Israel,” katanya saat berbicara di acara Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.

Mereformasi Dewan Keamanan PBB adalah suatu keharusan,” tambahnya, sambil mengatakan bahwa dunia lebih besar dari sekedar lima anggota tetap DK PBB.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, mengatakan kepada media Turki: “Amerika sekarang sendirian dalam masalah ini (perang di Gaza), terutama dalam pemungutan suara yang diadakan di PBB hari ini… Sistem politik Amerika sekarang tidak berdaya dalam isu-isu terkait Israel.

  Oman

Menteri Luar Negeri Oman Sayyid Badr Albusaidi mengatakan dalam sebuah postingan di X: “Penggunaan veto di Dewan Keamanan merupakan penghinaan yang memalukan terhadap norma-norma kemanusiaan. Saya sangat menyesal bahwa Amerika Serikat harus mengorbankan nyawa warga sipil yang tidak bersalah demi Zionisme.

  Malaysia

Perdana Menteri Anwar Ibrahim menyatakan “keberatan kerasnya” terhadap Amerika yang memveto resolusi tersebut.

Aneh dan di luar kewarasan manusia ketika ada pihak yang mendukung dan bungkam terkait pembantaian anak-anak dan perempuan tak berdosa serta warga sipil,” tulisnya di X. (ian)

 China Bongkar Habis Kemunafikan dan Standar Ganda AS
Israel melakukan segala cara untuk merebut seluruh wilayah Palestina  (Istimewa) 👹

China pada Sabtu (9/12/2023) mengatakan langkah Amerika Serikat (AS) memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza sangat “mengecewakan dan disesalkan.”

Sangat mengecewakan dan disesalkan bahwa rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza diveto,” tegas Zhang Jun, perwakilan tetap China untuk PBB, di X.

Utusan tersebut mengatakan rancangan resolusi tersebut memiliki hampir 100 sponsor bersama dan China adalah salah satunya.

Meskipun resolusi tersebut diveto, pandangan masyarakat internasional sangat jelas: gencatan senjata kemanusiaan adalah prioritas utama,” tegas dia, seraya menambahkan, “Kami tidak akan berhenti tetapi terus melakukan upaya kami untuk menyelamatkan nyawa, untuk menegakkan keadilan dan untuk mengejar perdamaian."

Dalam pernyataan terpisah, Zhang mengatakan memaafkan berlanjutnya pertempuran sambil mengaku peduli terhadap kehidupan dan keselamatan orang-orang di Gaza dan kebutuhan kemanusiaan di sana adalah hal yang “kontradiksi”.

Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil menganjurkan pencegahan meluasnya konflik adalah tindakan yang menipu diri sendiri. Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil tetap menyebutkan perlindungan perempuan dan anak perempuan serta hak asasi manusia adalah tindakan yang sangat munafik. Semua ini sekali lagi menunjukkan bagaimana standar ganda yang ada," tegas dia.

Dia mendesak Israel memperhatikan seruan komunitas internasional dan menghentikan “hukuman kolektif” terhadap orang-orang di Gaza.

Kami mendukung mediasi diplomatik lebih lanjut untuk mendorong pembebasan dini semua orang yang ditawan. Kami menyerukan kepada semua pihak terkait untuk mengerahkan segala upaya menuju tujuan bersama untuk mengakhiri pertempuran di Gaza, untuk tetap menghidupkan harapan kelangsungan hidup rakyat Palestina, dan menjaga harapan perdamaian di kawasan Timur Tengah tetap hidup,” tegas duta besar China untuk PBB itu.

AS pada Jumat memveto resolusi tersebut, yang diajukan Uni Emirat Arab (UEA) dan didukung lebih dari 90 negara anggota PBB. Ada 13 suara mendukung, sedangkan Inggris abstain.

Israel melanjutkan serangan brutal membabi-buta di Jalur Gaza pada 1 Desember setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama seminggu dengan kelompok Palestina Hamas.

Sebanyak 17.487 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 46.480 orang lainnya terluka dalam serangan udara dan darat yang tiada henti di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober setelah serangan lintas perbatasan oleh Hamas.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi.

Sebelum serangan Hamas, Israel telah menangkap dan membunuh ribuan warga Palestina, serta menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa. (sya)

  😭 sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...