Senin, 11 Desember 2023

[Global] Filipina Mengaku Kapalnya Ditabrak Kapal China di Laut China Selatan

⚓ Juga ditembaki meriam air (CNN)

Filipina mengaku kapalnya ditabrak oleh kapal penjaga pantai China saat mengirim perbekalan ke nelayan pada Minggu (10/12/2023).

Juru bicara penjaga pantai Laut Filipina Barat yaitu Jay Tarriela di platform media sosial X (sebelumnya bernama Twitter) mengeklaim, kapal China juga menembakkan meriam air ke tiga kapal Filipina sehingga menyebabkan kerusakan mesin serius di salah satu kapal.

Insiden ini terjadi di dekat Second Thomas Shoal, Kepulauan Spratly, sehari setelah Filipina melontarkan tuduhan soal penggunaan meriam air.

Beberapa jam sebelum insiden terbaru, sekitar 100 nelayan Filipina berlayar melewat Second Thomas Shoal dalam rangkaian acara Natal dan perjalanan ke pos terdepan yang terpencil.

Dikutip dari kantor berita AFP, Filipina dan China memiliki riwayat panjang insiden maritim di Laut China Selatan, yang merupakan jalur perdagangan senilai triliunan dollar setiap tahunnya.

Pengadilan Arbitrase Permanen yang berbasis di Den Haag pada 2016 memutuskan, klaim China atas perairan tersebut tidak memiliki dasar hukum dan pembangunan pulau-pulau buatan di perairan yang disengketakan adalah ilegal.

Namun, Beijing menolak mengambil bagian dalam putusan itu dan mengabaikannya.

Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan juga memiliki klaim masing-masing atas Laut China Selatan.
 

  💂 Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...