Sabtu, 31 Agustus 2013

Latihan Pemantapan Kemampuan Matra Udara Korpaskhas Berakhir

KOMANDAN Wing II Paskhas, Kolonel Pasukan Budi Sumarsono mewakili Komandan Korppaskhas, secara resmi menutup Latihan Pemantapan kemampuan Matra Udara Korpaskhas TA. 2013 dengan upacara militer di lapangan apel Mayon 464 Paskhas Malang, Kamis 30/08/2013.

Upacara diikuti oleh 140 pelaku dan pndukung latihan, ditandai dengan penanggalan tanda peserta secara simbolis yang dilakukan oleh Danwing II Paskhas terhadap 2 orang perwakilan peserta Lattappuan Matra Udara.

Latihan ini telah digelar di beberapa daerah, antara lain wilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan kompleks Lanud Abd. Saleh Malang yang dimulai pada tanggal 26 Agustus 2013 lalu.

Personil yang terlibat dalam Lattappuan ini berasal dari kompi matra Yon 461 Jakarta dan kompi matra Yon 464 Paskhas Malang yang melibatkan tim-tim didalamnya yakni Tim Dalpur (Pengendali Tempur), Tim Dallan (Pengendali Pangkalan), Jump Master dan Tim SAR (Search And Rescue). Latihan inipun sekaligus latihan terakhir bagi kompi matra tersebut sebelum kedua satuan itu ditingkatkan statusnya menjadi detasemen matra 1 dan 2 yang secara garis komando dibawah langsung Wing I dan Wing II Paskhas.

Sebagai Direktur Latihan (Dirlat) pada Lattappuan ini dipercayakan kepada Asops Korpaskhas Letkol Pasukan Novla Mirsyah serta Komandan latihan ialah Danyon 464 Paskhas, Letkol Pasukan Joko Prasetyo. Seluruh rangkaian kegiatan Latgab TNI 2013 telah berlangsung sesuai dengan rencana,


Sementara itu Danwing II Paskhas dalam sambutannya pada upacara tersebut mengatakan, bandara dan airstrip yang ada di wilayah NKRI memiliki nilai strategissebagai center of grafity dalam mendukung operasi udara.

Latihan inipun memiliki sasaarn utama utntuk tetap terpeliharanya kemampuan matra udara dalam melaksanakan tugas operasi serta pengenalan terhadap keanekaragaman lanud maupun bandara di seluruh NKRI dalam menyongsong tugas-tugas yang akan dihadapi dimasa mendatang.

Mengakhiri amanatnya, Danwing II Paskhas menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Lanud Abd. Saleh dan jajarannya serta kepada unsure pelatih, pendukung dan pelaku yang terlibat dalam latihan ini, atas suksesnya penyelenggaraan Latihan pemantapan Kemampuan Matra Udara TA. 2013.

Hadir dalam kesempatan tersebut ialah para pejabat Lanud Abd. Saleh, Depohar 30, Mawing II Paskhas dan Yon 464 Paskhas.

Pada kesempatan yang sama Danwing II Paskhas saat meresmikan monumen visualisasi OP3U (Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara) yang mana OP3U merupakan salah satu tugas pokok Korpaskhas. Visualisai tersebut dibangun di Mayon 464 Paskhas-Malang. Dalam monumen visualisasi tersebut digambarkan tahapan pelaksanaan operasi udara dalam merebut suatu pangkalan udara yang telah dikuasai musuh. (pen paskhas)

   MPI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...