Senin, 26 Agustus 2013

KRI dr. Soeharso-990 Layani Pulau Terpencil

 Operasi Surya Bhaskara Jaya 2013

 KRI Dr Soeharso 990
Koarmatim mengerahkan kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 untuk melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP) dalam misi kemanusian dengan sandi Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013 di pulau-pulau terpencil.

Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Yayan Sugiana dalam siaran pers Minggu (25/8/2013) mengatakan empat wilayah kabupaten kepulauan yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi sasaran Operasi SBJ yaitu Lembata, Maumere (Sikka), Labuan Bajo dan Waingapu.

NTT kata Kadispen Koarmatim, merupakan propinsi yang memiliki pulau–pulau kecil dimana sebagian besar warga masyarakatnya menggantungkan kehidupannya dari laut. “Jauhnya jarak pemukiman dari kota besar berimplikasi minimnya masyarakat pesisir tersebut memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan Satgas SBJ LXI/2013 dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim. Sedangkan KRI dr. Soeharso-990 dikomandani oleh Letkol Laut (P) I Putu Darjatna.

Usai melaksanakan embarkasi pasukan dan material kapal perang rumah sakit tersebut bertolak dari Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Minggu (25/08). Kemudian selanjutnya melakukan perjalanan lintas laut menuju Jakarta.

Dia menambahkan melalui kegiatan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXII/2013, Koarmatim turut berperan dalam pembangunan nasional di wilayah Nusa Tenggara Timur, dengan kegiatan meliputi pelayanan kesehatan, renovasi sarana dan prasarana umum, penyuluhan ketahanan nasional dan penyerahan bahan kontak di Lembata, Maumere, Waingapu, danLabuhan Bajo sebagai acara puncak Sail Komodo pada Sabtu, 14 September 2013.

Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXII/2013 yang dikendalikan oleh Asops Kasal bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BKKBN secara terpadu melaksanakan kegiatan sosial diwilayah kerja Lantamal VII Kupang guna membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai serta pulau–pulau terpencil.

  Jurnas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...