Rabu, 30 Mei 2012

Pangarmatim Buka Latihan Bersama TNI AL dan US Navy

Surabaya, 30 mei 2012

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum membuka Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim Ujung Surabaya, Rabu (30/5).

Kegitan tersebut dihadiri Komandan Lantamal V Laksma TNI Atok Urachman, Komandan Pasmar 1 Tommi Basari Natanegara dan para Kasatker Koarmatim Lainnya. Sedangkan dari pihak Amerika serikat yang hadir Commander Logistics Group Western Pacific (CLWP) Real Admiral Tom Carney, Konsulat Amerika Serikat di Surabaya didampingi beberapa staf serta personel Angkatan Laut Amerika Serikat.

TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika serikat dari jajaran US Pacifik Command (USPACOM) kembali mengadakan latihan bersama dalam rangka kerjasama bilateral Indonesia dan Amerika serikat. Latihan bersama (Latma) yang diberi nama “Latma Carat 2012” (Cooperation Afloat Readiness and Training) ini pelaksanaannya diselenggarakan di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Kabupaten Madura dan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Latma Carat 2012 akan dilaksanakan mulai tanggal 30 mei sampai 7 juni 2012. Pada saat upacara pembukaan latihan tanggal 30 mei 2012

Selama ini, “Latma Carat” antara ke dua Angkatan Laut telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut. Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Amerika Serikat pada umumnya dan khususnya antara TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dalam latihan bersama ini, Angkatan Laut Amerika Serikat datang ke Surabaya dengan tiga kapal perang, yaitu USS Germantown (LSD – 42), USS Vandegrift (FFG – 48), dan USCG Waesche, yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya. Sesuai jadwal yang direncanakan, latihan bersama Carat 2012 akan berlangsung selama 8 hari, mulai 30 Mei hingga 7 Juni 2012. Sedangkan TNI AL sendiri dalam latihan ini akan melibatkan KRI Diponegoro-365, KRI Banjarmasin-592, KRI Sutedi Senoputra-378, pesawat cassa, Heli Bell, Heli BO-105, Pasmar 1 Surabaya 7 BTR-50, Lantamal V, Dislambair dan Satkopaska Koarmatim. Adapun personel yang terlibat dari TNI AL 1.244 orang, dan dari pihak US Navy sekitar 830 orang.

Kegiatan latihan meliputi: demonstrasi centrixs di Puslat Kaprang Kolatarmatim dan Marinir Exercise di Karang Tekok Situbondo. Simposium milops, aviation, submarine, medical subject matter expert exchange (smee), intel smee, engineering smee dan simposium navedtra. Disamping itu juga menggelar beberapa pelatihan (training), yang meliputi, teori dan praktek VBSS, teori dan praktek Riverine Marinir di Karang Tekok Situbondo, Force Protection di Pangkalan Surabaya, Aviation di Pangkalan Juanda dan melaksanakan Sea Phase di Laut Jawa. Sedangkan kegiatan bhakti sosial yang melibatkan satu Kompi Batalyon Zeni Korps Marinir, Marinir Amerika Serikat dan masyarakat setempat dilaksanakan di Desa Kwanyar Kabupaten Madura, akan berlangsung hingga tanggal 28 juni 2012.

Kegiatan lain yang cukup unik dan menarik pada “Latma Carat 2012” ini, yaitu kolaborasi pentas musik antara Korps Musik TNI AL dan US Navy, yang menurut rencana akan dilaksanakan di SMU4, SMU 5, SMU 6,Ttunjungan Plaza dan Ciputra Golf. Pertunjukan pentas musik bersama ini digelar mulai tanggal 30 mei hingga 5 Juni 2012. Untuk itu, diharapkan masyarakat Surabaya dan sekitarnya tidak melewatkan sebuah tontonan gratis suguhan menarik dan spektakuler hasil kerjasama antara Korps musik TNI AL dan US Navy.

Dalam rangka latihan bersama ini, pihak Angkatan Laut Amerika Serikat akan melaksanakan Open Ships serta memberikan kesempatan kepada masyarakat surabaya khususnya para siswa SMPN untuk mengunjungi kapal-kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya. Pelaksanaan kunjungan pada hari Kamis tanggal 31 mei 2012 pagi hingga siang hari. Selain itu kegiatan lain yang diadakan adalah pertandingan olah raga persahabatan antara prajurit TNI AL dan US Navy meliputi bola basket, bola voli, futsal dan tarik tambang.(Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...