Jumat, 17 April 2015

600 personel Kostrad dipertahankan di Poso

Latihan PPRC di Poso

Latihan tempur Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang berlangsung di Poso, Sulawesi Tengah, sejak 31 Maret 2015 berakhir, Jumat. Namun 600 personel Komando Cadangan Strategis TNI AD masih dipertahankan untuk mengawal kepentingan masyarakat.

"Latihan tempurnya sudah selesai hari ini, Jumat (17/4), namun 600 anggota saya masih tinggal untuk mendukung operasi pembinaan teritorial di bawah kendali panglima Kodam VII/Wirabuana," kata Panglima Divisi II Kostrad, Mayor Jenderal TNI Bambang Haryanto di Poso, Jumat.

Dalam jumpa pers bersama menandai akhir latihan tempur PPRC TNI bersama Panglima Kodam VII/Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Bachtiar, dia mengemukakan, perpanjangan masa tugas 600 personel Kostrad itu semata-mata karena permintaan masyarakat.

"Dari hasil pertemuan kami dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan agama, mahasiswa dan masyarakat desa, mereka semua meminta supaya Latihan PPRC ini diperpanjang karena manfaatnya bagi masyarakat sangat besar," ujarnya.

Manfaat yang paling utama dirasakan masyarakat, kata Bambang, adalah kembalinya rasa aman masyarakat yang selama ini sangat terusik dengan aktivitas para teroris pimpinan Santoso yang bersembunyi di hutan-hutan Poso bahkan menculik dan membunuh rakyat.

"Masyarakat masih khawatir bahwa setelah latihan PPRC TNI selama tiga pekan ini, para teroris itu akan kembali lagi ke hutan-hutan Poso," ujarnya.

Bambang menegaskan bahwa latihan tempur TNI ini telah mengetahui dan menemukan semua titik-titik persembunyian dan tempat latihan para teroris tersebut dan memastikan mereka sudah tidak berada di situ lagi," ujarnya.

Atas desakan warga itulah, Kostrad memutuskan untuk memperpanjang masa tugas 600 personel untuk melaksanakan tugas-tugas penguatan teritorial di bawah kendali Pangdam.

Meski secara umum Mayjen Bambang mengaku belum puas dengan hasil latihan tempur itu, namun ia mengaku bahagia sebab latihan ini ikut mendorong peningkatan ekonomi warga desa di sekitar tempat latihan.

"Para pedagang di pasar dan toko-toko dan Warung makan mengaku mengalami peningkatan omzet sampai 200 persen. Ini sangat menggembirakan," ujarnya.

Dari aspek profesionalisme, Mayjen Bambang mengatakan bahwa latihan tempur ini telah mampu meningkatkan keterampilan dan profesionalisme TNI dalam melaksanakan tugas-tugas tempur untuk mempertahankan kedaulatan NKRI.

Sementara itu Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar mengatakan akan melanjutkan latihan tempur PPRC ini dengan aktivitas penguatan teritorial berupa kegiatan sosial bedah rumah warga miskin, pemasangan pipa air bersih, pencetakan sawah baru dan berbaga pelatihan bagi warga dalam teknik bertani dan berkebun secara intensif.

Kegiatan yang akan melibatkan personel Kostrad dan anggota Batalyon Infanteri di Poso itu akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

"Tidak ada lagi latihan tempur, yang ada hanya kegiatan sosial meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta aktivitas pengamanan swakarsa antara personel TNI dan warga Poso.

  ♔ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...