Kamis, 02 Mei 2013

Besok, 16 Ribu Prajurit TNI Latihan Tempur

Situbondo - Sebanyak 16.745 prajurit TNI akan menggelar latihan gabungan (latgab) TNI di Pusat Latihan Tempur Marinir, Karangtekok, Situbondo, Jumat besok, 3 Mei 2013. Latihan akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono dan Wakil Presiden Boediono. "Ini merupakan latgab terbesar," kata Komandan Satuan Tugas Penerangan Latihan Gabungan TNI 2013, Kolonel Bedjo Suprapto, Kamis, 2 Mei 2013.

Menurut Bedjo, TNI AL akan mengerahkan 36 kapal perang, dan 17 unit tank amfibi BMP-3F NBO-105. TNI AU mengerahkan lima pesawat Sukhoi SU 27/30, lima pesawat Hawk SPO, lima F-16, serta 11 pesawat C-30. Sedangkan TNI AD menunrukan 14 unit Tank Scorpion, 12 unit helikopter Mi-17, 21 meriam dan 12 helikopter Bell.

Acara akan dimulai sekitar pukul 05.00 didahului dengan pendaratan KRI Makassar dan sejumlah amfibi yang membawa SBY-Boediono di Pantai Banongan. Skenarionya, pasukan marinir akan merebut sasaran pantai didukung bantuan tembakan arteleri medan, dilanjutkan dengan operasi lintas udara dari jajaran Yonif Linud 501/Brajamusti. Setelah sasaran pantai berhasil dikuasai, operasi darat gabungan prajurit Infantri, Kaveleri Marinir dan Kostrad akan menghancurkan musuh utama.

Latihan tempur di Situbondo ini merupakan latihan pendahuluan. Latihan lanjutan akan dilaksanakan di Sangata, Kalimantan Timur dan Bima, Nusa Tenggara Barat pada 6-24 Mei 2013. Selain SBY-Boediono, pembukaan latihan ini juga akan dihadiri para menteri seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Menhankam Purnomo Yusgiantoro.

  Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...