Sabtu, 16 Juni 2012

Pangdam : Tiga Danrem di Papua Dijabat Brigjen

Berita Armabar




Kebijakan pemerintah di tingkat pimpinan

Panglima Kodam XVVII/Cenderawasih Mayjen TNI Erwin Syafitri, mengatakan, ada tiga jabatan Komandan Korem (Danrem) di wilayah itu, dijabat oleh perwira bintang satu atau berpangkat brigadir jenderal.

"Jadi kita di Kodam Cenderawasih itu ada tiga jabatan Danrem yang akan dijabat oleh perwiara berpangkat brigadir jenderal (Brigjen), yakni di Biak Danrem 171/PVT, Sorong Danrem 173/PVB, dan Merauke Danrem 174/ATW," katanya.

Menurut dia, penempatan tiga perwira berbintang satu di wilayahnya merupakan kebijakan pemerintah di tingkat pimpinan.

Jumat pagi telah diserahterimakan empat jabatan Danrem, tiga diantaranya akan dijabat oleh perwira bintang satu tersebut.

"Itu merupakan kebijakan pemerintah, dan itu dilakukan di tingkat pimpinan," katanya.

Ketika disinggung mengapa jabatan Danrem 172/PWY Jayapura masih dijabat oleh perwira berpangkat Kolonel? Erwin Syafitri mengatakan, cakupan wilayah Danrem tersebut masih dekat dengan markas Kodam, sehingga dinilai cukup dijabat seorang kolonel.

"Mungkin ada pertimbangan lain, karena masih dekat, kan ada Pangdam di sini," jawabnya.

Terkait dengan penempatan Kolonel Joppye Onesimus Wayangkau sebagai Danrem 172/PWY, apakah ada jabatan politis atau lainya, Jenderal Erwin katakan hal itu tidak ada.

Tetapi lebih kepada kemampuan yang dinilai oleh pihaknya terhadap putra asli Papua asal Serui itu.

"Penempatan sudah sesuai dengan ketentuan dan kemampuan yang dimilikinya. Dan harapan saya kalau bisa dia (Joppye Wayangkau) jadi bintang (jenderal asal Papua,red)," jawabnya.

Seperti diwartakan sebelumnya Panglima Kodam XVVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Erwin Syafitri, Jumat pagi, memimpin serah terima empat jabatan komandan Korem yang berlangsung di aula markas Kodam Tony Rompis, Jayapura, Papua.

Serah terima keempat komandan Korem (Danrem) tersebut terdiri atas Danrem 171/PVT dari Kolonel Eka Wiharsa kepada Brigjen Pandji Suko Hari Yudho, Danrem 172/PWY dari Kolonel Ibnu Triwidodo, S.Ip kepada Kolonel Joppye Onemsimus Wayangkau.

Dan jabatan Danrem 173/PVB dari Kolonel Hendri Pahuruman Lubis kepada Kolonel FX Bangun Pratiknyo, S.Sos, Kemudian Danrem 174/ATW dari Kolonel Ratman Wiady kepada Kolonel Edy Rahmayadi.

Danrem 173/PVB Kolonel FX Bangun Pratiknyo, S.Sos, dan Danrem 174/ATW Kolonel Edy Rahmayadi merupakan perwira senior, dan dalam waktu dekat ini akan naik pangkat menjadi Brigjen.(Beritasatu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...