Minggu, 03 Juni 2012

★ Camera Pod Vicon 70

 Modifikasi Kamera pengamat untuk pesawat TNI AU

Camera Pod Vicon 70
Pesawat tempur A4 Sky Hawk milik TNI Angkatan Udara memiliki kamera untuk pengamatan, pengintai dan pengawalan yang biasa disebut dengan istilah Recce (Recoinance, Cognity dan Escort). Jenis kamera yang dipakai adalah kamera pod Vicon 70, dengan telah berakhirnya masa operasional pesawat A4 Sky Hawk, maka berakhir pula pengoperasian kamera pod Vicon 70 dengan demikian tugas pengamatan wilayah melalui udara berkurang. Pengurangan tersebut akan berdampak terancamnya wilayah NKRI terutama terhadap pelanggaran oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Skadron Udara yang menggunakan pesawat Hawk 109/209 belum mempunyai jenis kamera Recce diharapkan dapat menggunakan kamera pod Vicon 70 ex pesawat A4 Sky Hawk tersebut. Kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tahap I adalah mempelajari sistem wiring kamera pod Vicon 70 dan sistem wiring pesawat Hawk 109/209, memperbaiki dan mengoperasikan kembali kamera pod vicon 70, membuat alat pendukung penelitian, mempelajari sistem penempatan kamera pod vicon 70 pada pesawat Hawk 109/209 dan membuat simulasi aerodinamika kamera pod.

Pada riset ini sebagai lanjutan riset tahap pertama akan dilakukan modifikasi dan pemasangan kamera pod Vicon 70 pada pesawat Hawk 109/209. Perubahan dilakukan pada control, counter, electronic box dan wiring sistem kamera pod Vicon 70, agar dapat dioperasikan pada pesawat Hawk 109/209.
 Berikut foto pemasangan pada pesawat Hawk 109/209 TNI AU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...