Selasa, 02 Oktober 2012

Butuh Waktu 2 Hari Evakuasi Bangkai KRI Klewang

KRI Klewang terbakar (Foto: Koran SI/P Juliatmoko)Banyuwangi - Bangkai KRI Klewang-625 akhirnya berhasil dipindahkan kru PT Lundin Industry Invest, Selasa (2/10/2012) sore. KRI Klewang sempat terapung selama tiga hari di dermaga Makolanal, Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tampak hanya bagian lambung yang tersisa dari kapal siluman jenis lunas tiga (trimaran) tercanggih itu.

KRI Klewang ditarik menggunakan tug boat dan dibawa ke base PT Lundin Industry Invest di Sukowodi, Kalipuro, untuk keperluan penyelidikan.

Butuh waktu dua hari untuk memindahkan kapal yang sebelum terbakar memiliki panjang 63 meter itu karena faktor angin dan arus laut Selat Bali yang kencang.

Evakuasi diawali dengan mengikat bodi kapal menggunakan tali. Untuk memasang tali saja dibutuhkan keahlian menyelam di laut. Bila simpul tali yang dipasang tidak kuat, saat ditarik bangkai kapal akan terlepas dan terbawa arus laut.

Sekira 30 kru berjuang keras melawan angin laut maupun arus Selat Bali yang dikenal sangat kuat dan berbahaya. Perjuangan mereka membuahkan hasil sehingga kapal seharga Rp114 miliar itu berhasil dipindah ke base PT Lundin Industry Invest berjarak sekira empat mil dari lokasi kebakaran.

Kapal yang baru diluncurkan pada 31 Agustus itu, terbakar pada Jumat sore pekan lalu. Tidak ada korban tewas dalam insiden itu.
© Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...