Rabu, 26 Desember 2012

☆ Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo (10 Oktober 1921 - 10 April 1979) adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia (Gelar Pahlawan Nasional Indonesia).

Kaisiepo lahir di Wardo di pulau Biak pada tanggal 10 Oktober 1921. Sebagai wakil dari Papua ia terlibat dalam Konferensi Malino (16 - 25 Juli 1946), di mana pembentukan Republik Indonesia telah dibahas. Ia mengusulkan nama Irian, yang berasal dari bahasa Biak.

 Biografi  

Ia dididik di Sekolah Rakyat (Sekolah Dasar) 1928-1931, LVVS Korido 1931-1934, Sekolah Guru Normalis di Manokwari 1934-1936, Kursus Bestuur, Maret - Agustus 1945, dan Sekolah Bestuur / Pamong Praja 1952-1954.

Dia menikah Anthomina Arwam dan memiliki 3 anak, namun istrinya meninggal dan kemudian pada tanggal 12 November 1973, ia menikah Maria Magdalena Moorwahyuni ​​dari Demak, Jawa Tengah dan mereka memiliki satu anak.

 Sejarah  

Pendudukan Jepang di Indonesia selama Perang Dunia II mengakibatkan personil pemerintah Belanda kurang di New Guinea. Dalam rangka untuk memenuhi kekurangan ini, pada tahun 1944, Resident JP van Eechoud mendirikan Sekolah Pelatihan Polisi dan Sekolah Pegawai Negeri Sipil (betuurschool) di Hollandia (Jayapura saat ini). Eechoud sering disebut "Vader der Papoea" (ayah dari Papua). Bahwa sekolah telah mengajarkan 400 orang antara tahun 1944-1949. Hal ini juga menghasilkan Irians yang paling intelektual yang terlibat dalam pertempuran. Deklarasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 juga dipengaruhi banyak pria muda belajar, di antaranya Silas Papare, Albert Karubuy, dan Marthen Indey. Pada tahun 1946 di Serui, Silas Papare dan beberapa pengikutnya mendirikan sebuah organisasi pro-Indonesia politik yang disebut Irian Kemerdekaan Indonesia atau Partai Partai Kemerdekaan Indonesia Irian (PKII).

Pada tanggal 17 Agustus 1947 Silas Papare memimpin pengibaran merah Indonesia dan bendera putih, didampingi oleh Johans Ariks, Albert Karubuy, Lodewijk, Barent Mandatjan, Samuel Damianus Kawab dan Joseph Djohari. Itu adalah zikir untuk Hari Kemerdekaan Indonesia. Tindakan ini mengakibatkan kurungan semua peserta oleh polisi Belanda selama lebih dari tiga bulan. Dua orang nasionalis, Frans Kaisiepo dan Johans Ariks mengikuti jalan Silas Papare. Johan Ariks, di lain waktu, menemukan rencana untuk mengintegrasikan Irian Barat ke dalam wilayah Republik Indonesia bukannya membina otonominya. Pada tahun 1945 ketika ia mengikuti kursus Administrasi Sipil Singkat di Nica Holandia kota (Kampung Harapan Jayapura) ia berteman Sugoro Atmoprasodjo. Dari sosialisasi ini nasionalisme Indonesia itu tumbuh dan kemudian dengan teman-temannya sering mengadakan pertemuan rahasia dengan Sugoro untuk membahas penyatuan Nederland Nieuw Guinea ke Republik Indonesia. Frans Kaisiepo tidak setuju dengan plat nama Kursus / Sekolah bahwa ia menghadiri ditulis Papua Bestuur Sekolah. Dia memerintahkan Markus Kaisiepo, adiknya, untuk mengubah nama Papua Bestuurschool ke Irian Bestuurschool.

Ide Kemerdekaan Indonesia tumbuh di kalangan siswa yang datang dari semua distrik. Oleh karena itu, para siswa sekolah sering diadakan pertemuan rahasia yang menentang pendudukan Belanda dan berencana untuk bergabung dengan Indonesia. Selanjutnya, mereka membentuk sebuah komite di bawah kepemimpinan Sugoro Atmoprasojo, dengan anggota seperti Frans Kaisiepo, Marthen Indey, dan Silas Papare, G Saweri, SD Kawab dan lain-lain.

Pada tanggal 14 Agustus 1945 di Kampung Harapan Jayapura, Lagu Indonesia Raya di  nyanyikan oleh Frans Kaisiepo, Marcus Kaisiepo, Nocolas Youwe dan teman-temannya.

Pada tanggal 31 Agustus 1945, mereka mengadakan upacara di mana mereka mengibarkan bendera Indonesia dan menyanyikan Indonesia Raya diikuti oleh tokoh-tokoh dari Indonesia Komite kebebasan seperti: Frans Kaisiepo, Marcus Kaisiepo, Corinus Krey dan M. Youwe. Pada Juli 10 1946 di Biak, Partai Indonesia Merdeka didirikan dengan Lukas Rumkoren sebagai pemimpin. Salah satu pendiri adalah Frans Kaisiepo yang pada saat itu adalah kepala Kabupaten Warsa, Biak Utara.

Pada bulan Juli 1946 Frans Kaisiepo adalah anggota Delegasi Konferensi Malino di Sulawesi Selatan, dipelopori oleh Dr HJ van Mook. Dia adalah Papua asli hanya menghadiri Konferensi Malino. Sebagai pembicara, ia menyarankan bahwa nama Papua harus diubah menjadi Irian (mendukung Republik Indonesia anti-Belanda). Orang-orang mengatakan Irian diambil dari bahasa Biak yang berarti daerah panas.

Frans Kaisiepo adalah salah satu anggota Delegasi yang menentang pembentukan Negara Indonesia Timur (NIT), karena NIT adalah tanpa Irian Jaya. Berdasarkan referensi ini ia menyarankan Irian Jaya bergabung dengan Sulawesi Utara.

Pada bulan Maret 1948, pemberontakan pecah di Biak memprotes pemerintah Belanda. Salah satu Dorongan dari pemberontakan itu adalah Frans Kaisiepo. 

Pada tahun 1949 ia menolak penunjukan sebagai pemimpin delegasi dari Belanda Nieuw Guinea dalam Konferensi Meja Bundar di Belanda, karena ia tidak mau didikte oleh Belanda. Akibatnya, Frans Kaisiepo ditangkap tahun 1954-1961.

Pada tahun 1961, ia mendirikan Partai Politik Irian yang diupayakan untuk kembali bersatu Nederlands Nieuw Guinea dengan Republik Indonesia. Untuk membayangkan dekolonisasi Pemerintah Nederland, Presiden Soekarno mengumandangkan Trikora (Tiga Komando Rakyat) pada tanggal 19 Desember 1961 di Yogyakarta. Perintah termasuk (a) membatalkan pembentukan 'Papua negara yang diciptakan oleh kolonial Belanda, (b) Kibarkan bendera Merah Putih di Irian Barat, dan (c) mempersiapkan untuk memobilisasi untuk mempertahankan kemerdekaan dan penyatuan tanah air. Banyak sukarelawan dikirim untuk membantu para pejuang Irian. Frans Kaisiepo merupakan pejuang kombatan yang diam-diam akan menyusup Irian Barat.

Karena UU Trikora, Pemerintah Belanda terpaksa menandatangani perjanjian yang dikenal sebagai Perjanjian New York pada tanggal 15 Agustus 1963. Pemindahan administrasi pemerintah untuk UNTEA terjadi pada tanggal 1 Mei 1962. Pengalihan Irian Barat ke Indonesia dilakukan oleh PBB pada tahun berikutnya pada tanggal 1 Mei 1963. Pada akhir tahun 1969, orang Papua harus memutuskan apakah atau tidak untuk bergabung dengan Indonesia atau tetap otonom. Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan daerah 1963-1969.

Gubernur pertama Irian Elieser Jon Bonay yang menjabat selama kurang dari satu tahun (1963-1964). Pada awalnya, Bonay berpihak pada Indonesia. Namun, pada tahun 1964, ia mendesak Pepera di Irian Jaya untuk kemerdekaan Irian Barat, permintaan ini diteruskan ke PBB. Tindakannya menyebabkan dia akan mengundurkan diri sebagai gubernur. Pada tahun 1964, ia digantikan oleh Frans Kaisiepo. Pengunduran dirinya tanpa posisi pengganti Bonay kecewa dan mendorongnya untuk bergabung dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Organisasi Papua Merdeka di luar negeri, ia meninggalkan tanah airnya dan menjadi tokoh OPM dan tinggal di Belanda.

Frans Kaisiepo, sebagai gubernur dan salah satu penggerak dari Irian Jaya untuk arsip Act of Free Choice, karena bertepatan dengan visi aslinya. Akhirnya, itu menang, berarti bahwa Irian Jaya bergabung kembali dengan Republik Indonesia pada tahun 1969. Pada tahun 1972, Frans Kaisiepo diangkat anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia / MPR RI dan selama 1973-1979, ia diangkat menjadi anggota DPA RI.

Pada tanggal 10 April 1979, Frans Kaisiepo meninggal dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cendrawaish di Biak. Karena berjasa, Frans Kaisiepo dianugerahi Trikora dan Act of Free Choice jasa oleh pemerintah Indonesia. Namanya juga diabadikan sebagai Bandara Udara di Biak. Di dalam Frans Kaisiepo, ada kemauan untuk tegas mempertahankan penyatuan bangsa.

Pada tahun 1993 Frans Kaisiepo dihormati sebagai pahlawan Nasional berdasarkan jumlah resolusi surat 077/TK/1993 dari Presiden Republik Indonesia dengan bintang jasa Maha Putera Adi Pradana Medal Kelas 2.

Gubernur Ke 4 Papua (1964-1973)
Lahir : Wardo, Pulau Biak
Kebangsaan : Bendera Indonesia Indonesia
Suami/istri : Anthomina Arwam
Maria Magdalena Moorwahyuni
Pekerjaan : Pahlawan Nasional Indonesia
Agama : Kristen Protestan

(sumber Wikipedia)

  Garuda Militer 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...