Kamis, 21 Maret 2013

JIDD 2013: Wamenhan RI Menerima Delegasi Arab Saudi

Jakarta Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin menerima kunjungan kehormatan Delegasi JIDD dari Arab Saudi yang dipimpin oleh Commander of King Faisal Naval Base (Jeddah) Rear Admiral Staff Mueidh Bin Abdulrahman Alshamrani, Rabu (20/3) di Holding Room, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut dibicarakan berbagai hal terkait upaya meningkatkan hubungan kerjasama pertahanan kedua negara yang sudah terjalin baik selama ini. Sebelumnya, Wamenhan menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Delegasi Arab Saudi atas partisispasi dan kehadirannya dalam forum dialog pertahanan tahunan JIDD 2013. Sedangkan Delegasi Arab Saudi menyampaikan terimakasih atas undangannya untuk hadir di JIDD 2013 dan berharap hal ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan dan mempererat hubungan kerjasama pertahanan kedua negara.

Untuk meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara, dalam kesempatan tersebut Wamenhan berharap kedua negara melalui Kementerian Pertahanan masing –masing dapat membentuk suatu Working Group (WG) guna membahas dan merumuskan perangkat atau wadah sebagai dasar bagi pelaksanaan kegiatan kerjasama di bidang pertahanan kedua negara.

Menurut Wamenhan, melalui perangkat tersebut nantinya diharapkan akan dapat digunakan sebagai payung bagi pelaksanaan berbagai kegiatan kerjasama di bidang pertahanan yang lebih luas meliputi kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan, tukar menukar personil hingga kerja sama pengembangan industri pertahanan.

Wamenhan berharap, perangkat mengenai kerjasama pertahanan Indonesia – Arab Saudi diharapkan sudah dapat diselesaikan pada tahun 2014. Untuk itu, menurutnya peran Atase Pertahanan (Athan) dari masing – masing negara sangat penting sebagai vocal point dan mediator bagi kedua institusi baik institusi pertahanan maupun militer dari kedua negara.

Turut mendampingi Wamenhan RI saat menerima Delegasi Arab Saudi Direktur Kebijakan Strategi Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjakstra Ditjen Strahan Kemhan) Brigjen TNI Yoedi Swastanto.


  DMC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...