Rabu, 19 November 2014

Obama berterima kasih ke Jokowi soal terorisme

Robert Blake. (Reuters)

P
residen Amerika Serikat (AS) Barack Obama berterima kasih pada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) soal upaya menanggulangi terorisme di Indonesia, kata Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Orris Blake.

"Minggu lalu, saat dua presiden bertemu di Tiongkok, Presiden Obama berkata ke Presiden Jokowi, saya ingin berterima kasih untuk Indonesia yang sudah secara baik dalam menangani kelompok ekstrimis," ungkap Blake saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Depok, Rabu.

Obama mengemukakan, Indonesia sudah melakukan kerja sama yang baik dengan negara lain dalam mengampanyekan anti-terorisme.

"Indonesia bersama-sama dengan negara lainnya sudah bekerja secara baik dalam memerangi terorisme," ujar Blake.

Untuk itu, ia mengemukakan, AS ingin terus bekerja sama dalam bidang militer bersama Indonesia dalam menangani hal yang menyangkut pertahanan.

Blake juga mengatakan siap membantu Indonesia dalam meningkatkan pertahanan militer, khususnya wilayah perairan, yang menjadi fokus pemerintahan Joko Widodo dengan konsep Poros Maritim Dunia.

Ia mengatakan, AS siap menyokong peralatan dan menerapkan sistem dan teknologi militernya untuk pertahanan Indonesia.

AS, dikemukakannya, juga siap membantu dalam memberikan pelatihan militer khusus untuk meningkatkan pertahanan militer Indonesia.

Blake menambahkan, Indonesia mempunyai tantangan yang besar dalam bidang pertahanan wilayah perairan ketika berbagai kapal secara global melintasi wilayahnya.

  Antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...